Sebanyak 213 Siswa Ikuti Ujian Paket C

Kompas.com - 10/11/2009, 17:08 WIB
Editormade

KEDIRI, KOMPAS.com - Untuk terakhir kalinya dalam tahun 2009, Dinas Pendidikan Kota Kediri menggelar ujian kelompok belajar paket C. Terdapat sedikitnya 213 siswa yang terdaftar sebagai peserta ujian, dimana delapan siswa di antaranya adalah siswa yang gagal ujian nasional.

Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kota Kediri Agus Suharmaji, Selasa (10/11) mengatakan dari 213 siswa peserta ujian, yang tidak hadir sebanyak 33 siswa.

"Tidak ada izinnya. Kalau alasannya banyak, ada yang jenuh karena sudah beberapa kali ikut ujian, ada pula yang sudah bekerja menjadi pembantu rumah tangga di luar kota atau bahkan menjadi TKW (Tenaga Kerja Wanita)," ujarnya.

Sebagian peserta ujian Kejar Paket C berasal dari kalangan tidak mampu. Mereka adalah siswa dari pendidkan kesetaraan yang ingin mendapatkan ijazah seperti siswa sekolah reguler.

Ujian Kejar Paket C dilaksanakan di Gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri I Kota Kediri mulai tanggal 10 hingga tanggal 13 November 2009. Pelaksanaan dimulai pukul 13.00. Setiap siswa dikenakan biaya ujian sebesar Rp 100.000.

Agus mengatakan ujian sengaja diselenggarakan siang hari agar tidak menganggu proses belajar reguler di SMPN I Kota Kediri. Apalagi saat ini para siswa juga sedang menempuh ujian tengah semester.

Materi pelajaran yang diujikan pada hari pertama adalah Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) serta Bahasa Inggris. Hari kedua adalah Geografi dan Sosiologi. Kemudian pada gari ketiga materi ujiannya Ekonomi dan Bahasa Indonesia. Terakhir, ujian matematika.

Soal-soal ujian sudah tiba di Kediri sejak dua hari sebelum pelaksanaan ujian. Namun soal baru didistribusikan pada hari H, untuk menghindari terjadinya kebocoran.

Walaupun ujian paket, lanjut Agus, akan tetapi standar kelulusannya sama dengan ujian nasional. Peserta ujian akan dinyatakan lulus apabila mendapat nilai rata-rata minimal 5,25.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X