Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 213 Siswa Ikuti Ujian Paket C

Kompas.com - 10/11/2009, 17:08 WIB

KEDIRI, KOMPAS.com - Untuk terakhir kalinya dalam tahun 2009, Dinas Pendidikan Kota Kediri menggelar ujian kelompok belajar paket C. Terdapat sedikitnya 213 siswa yang terdaftar sebagai peserta ujian, dimana delapan siswa di antaranya adalah siswa yang gagal ujian nasional.

Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat Dinas Pendidikan Kota Kediri Agus Suharmaji, Selasa (10/11) mengatakan dari 213 siswa peserta ujian, yang tidak hadir sebanyak 33 siswa.

"Tidak ada izinnya. Kalau alasannya banyak, ada yang jenuh karena sudah beberapa kali ikut ujian, ada pula yang sudah bekerja menjadi pembantu rumah tangga di luar kota atau bahkan menjadi TKW (Tenaga Kerja Wanita)," ujarnya.

Sebagian peserta ujian Kejar Paket C berasal dari kalangan tidak mampu. Mereka adalah siswa dari pendidkan kesetaraan yang ingin mendapatkan ijazah seperti siswa sekolah reguler.

Ujian Kejar Paket C dilaksanakan di Gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri I Kota Kediri mulai tanggal 10 hingga tanggal 13 November 2009. Pelaksanaan dimulai pukul 13.00. Setiap siswa dikenakan biaya ujian sebesar Rp 100.000.

Agus mengatakan ujian sengaja diselenggarakan siang hari agar tidak menganggu proses belajar reguler di SMPN I Kota Kediri. Apalagi saat ini para siswa juga sedang menempuh ujian tengah semester.

Materi pelajaran yang diujikan pada hari pertama adalah Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PPKn) serta Bahasa Inggris. Hari kedua adalah Geografi dan Sosiologi. Kemudian pada gari ketiga materi ujiannya Ekonomi dan Bahasa Indonesia. Terakhir, ujian matematika.

Soal-soal ujian sudah tiba di Kediri sejak dua hari sebelum pelaksanaan ujian. Namun soal baru didistribusikan pada hari H, untuk menghindari terjadinya kebocoran.

Walaupun ujian paket, lanjut Agus, akan tetapi standar kelulusannya sama dengan ujian nasional. Peserta ujian akan dinyatakan lulus apabila mendapat nilai rata-rata minimal 5,25.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com