Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam ini, 450 Mahasiswa Terima Beasiswa Djarum

Kompas.com - 17/11/2009, 20:39 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Setelah melalui penyaringan dari 2.530 pelamar dari 71 perguruan tinggi negeri dan swasta di 25 provinsi Indonesia, secara resmi pada Selasa (17/11) malam, 450 mahasiswa menerima Beasiswa Djarum (Beswan Djarum) dari program Djarum Bakti Pendidikan.

Menurut Direktur Public Affairs PT Djarum Suwarno M Serad, penyerahan beasiswa di tahun ajaran 2009/2010 ini bertepatan dengan tahun perak Djarum Bakti Pendidikan, yaitu kini berusia 25 tahun.

"Tetapi niat dan semangat selama 25 tahun ini tidak pernah luntur untuk ikut memberikan perhatian pada dunia pendidikan, karena di situlah investasi sumber daya manusia Indonesia berasal," ujar Suwarno kepada Kompas.com. 

Sejak 1984 dibentuknya Djarum Bakti Pendidikan hingga berjalan sampai 2009 ini, tambah Suwarno, program tersebut telah menyerahkan beasiswa ke sebanyak 6.336 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN/PTS) di Indonesia.

Namun bukan semata beasiswa, lanjut dia, sebagai dukungan hard skills yang diberikan melalui program beasiswa ini, melainkan juga pemantapan soft skills bagi para penerimanya. Suwarno mengatakan, mulai dari pelatihan dan lokakarya, outbond training, leadership training, entrepreneuership, serta lomba karya tulis dan penulisan blog. 

"Karena mewujudkan modal manusia atau human capital itu tidak cukup hanya membekali peningkatan akademisnya, tetapi juga harus diiringi dengan perimbangan soft skills yang handal untuk terjun ke masyarakat," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com