Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas: Penelitian Harus Menjadi Budaya

Kompas.com - 18/11/2009, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para peneliti harus bisa memastikan bahwa setiap penelitian yang dilakukannya adalah untuk kemaslahatan umat. Peneliti jangan membiarkan hasil risetnya sia-sia.

Demikian hal itu diungkapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh dalam sambutannya di pembukaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2009 di Plaza Gedung Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Jakarta, Rabu (18/11).

"Diharapkan OPSI bukan semata untuk berkompetisi, karena lebih dari itu, para siswa bisa menguji berbagai logika, percobaan-percobaan, serta segala prosedur penelitian sebagai sebuah kaidah ilmiah yang ujung-ujungnya menghasilkan budaya meneliti di kalangan siswa Indonesia," ujar Nuh.

Kelak, kata Mendiknas, dengan menganut budaya meneliti tersebut, para siswa yang bercita-cita menjadi calon-calon peneliti tidak akan membiarkan penelitian dan hasil risetnya untuk mempersoalkan segala hal yang sudah menjadi persoalan. Penelitian harusnya bisa mencari solusi terhadap persoalan-persoalan yang sudah mengemuka.

Digelar oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Depdiknas, OPSI akan berlangsung sejak Rabu (18/11) hingga Jumat (20/11) di Plaza Gedung Depdiknas, Jakarta. Sebanyak 89 peserta dari berbagai sekolah SMA/MA/SMK dari Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan menampilkan berbagai poster dan hasil penelitiannya di stan masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com