Persiapan UN Harus Lebih Awal, Jam Belajar juga Ditambah

Kompas.com - 25/11/2009, 11:20 WIB
Editorlatief

PALEMBANG, KOMPAS.com - Para siswa SMP dan SMA serta para guru di Sumatera Selatan diimbau membuat persiapan lebih awal karena jadwal ujian nasional dimajukan.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Ade Karyana, Selasa (24/11), mengutarakan, dimajukannya jadwal ujian nasional dari bulan April 2010 menjadi bulan Maret 2010 berdampak secara psikologis bagi siswa.

"Percepatan jadwal ujian nasional ini bisa membuat siswa grogi. Para siswa harus ditingkatkan rasa percaya dirinya," kata Ade.

Menurutnya, untuk menghilangkan rasa grogi pada siswa, para siswa dan guru supaya menambah jam pelajaran. Meskipun semua materi sudah tersampaikan, tetapi masih diperlukan penguatan dengan jam pelajaran tambahan.

Ade mengatakan, materi pelajaran untuk siswa kelas III yang akan mengikuti ujian harus selesai pada bulan Februari. Waktu yang tersisa sebelum ujian nasional dipakai untuk jam pelajaran tambahan.

Ade menuturkan, guru harus tahu siswa mana yang masih kurang paham. Selain itu, guru harus mempunyai metodologi pengajaran agar siswa lebih paham. Ade menambahkan, target tingkat kelulusan siswa pada ujian nasional tahun 2010 di Sumsel berkisar 96 persen, seperti tingkat kelulusan tahun sebelumnya.

”Kami terus mencari upaya agar tingkat kelulusan siswa tahun 2010 tidak turun meskipun jadwal dipercepat dan rata-rata nilai untuk lulus dinaikkan menjadi 5,5,” kata Ade.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X