Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusung Angket Century Bakal Temui Amien dan Kalla

Kompas.com - 29/11/2009, 09:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Para anggota DPR pengusung dan pengusul hak angket Bank Century dijadwalkan akan bertemu dua tokoh nasional, mantan Ketua MPR, Amien Rais, dan mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla. Hal itu dikatakan salah satu pengusul, Bambang Soesatyo, asal Fraksi Partai Golkar, Minggu (29/11), kepada Kompas.com

Menurut rencana, pertemuan dengan Amien Rais dijadwalkan pukul 16.00 di kediaman pribadinya, kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Sementara itu, pertemuan dengan Jusuf Kalla akan dilangsungkan malam ini. Pertemuan tersebut dalam rangka menggalang dukungan atas penggunaan hak angket Century.

"Kami meminta dukungan, dorongan, serta minta dikritisi dan dikawal dalam jalannya hak angket, terutama dalam proses penyusunan dan pembentukan yang merupakan titik rawan," kata anggota Komisi III ini.

Sebelum menemui Amien dan Kalla, para pengusul hak angket juga telah bertemu mantan Presiden Abdurrahman Wahid, kemarin. Dukungan dari para tokoh ini juga diharapkan bisa menjaga keseriusan partai politik dalam menempatkan perwakilannya di pansus.

"Sebab, kami punya kekhawatiran penyusunan, pembentukan, dan penempatan anggota pansus diwaspadai orang yang tidak tepat dan patut diduga hanya untuk menumpulkan niat awal penggunaan hak angket," katanya.

Pengusung hak angket ingin membongkar tuntas pengucuran dana talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun, mulai dari dugaan penyalahgunaan kewenangan para pengambil kebijakan hingga mencari tahu arah aliran dana tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com