Pengusung Angket Century Bakal Temui Amien dan Kalla

Kompas.com - 29/11/2009, 09:51 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com — Para anggota DPR pengusung dan pengusul hak angket Bank Century dijadwalkan akan bertemu dua tokoh nasional, mantan Ketua MPR, Amien Rais, dan mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla. Hal itu dikatakan salah satu pengusul, Bambang Soesatyo, asal Fraksi Partai Golkar, Minggu (29/11), kepada Kompas.com

Menurut rencana, pertemuan dengan Amien Rais dijadwalkan pukul 16.00 di kediaman pribadinya, kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Sementara itu, pertemuan dengan Jusuf Kalla akan dilangsungkan malam ini. Pertemuan tersebut dalam rangka menggalang dukungan atas penggunaan hak angket Century.

"Kami meminta dukungan, dorongan, serta minta dikritisi dan dikawal dalam jalannya hak angket, terutama dalam proses penyusunan dan pembentukan yang merupakan titik rawan," kata anggota Komisi III ini.

Sebelum menemui Amien dan Kalla, para pengusul hak angket juga telah bertemu mantan Presiden Abdurrahman Wahid, kemarin. Dukungan dari para tokoh ini juga diharapkan bisa menjaga keseriusan partai politik dalam menempatkan perwakilannya di pansus.

"Sebab, kami punya kekhawatiran penyusunan, pembentukan, dan penempatan anggota pansus diwaspadai orang yang tidak tepat dan patut diduga hanya untuk menumpulkan niat awal penggunaan hak angket," katanya.

Pengusung hak angket ingin membongkar tuntas pengucuran dana talangan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun, mulai dari dugaan penyalahgunaan kewenangan para pengambil kebijakan hingga mencari tahu arah aliran dana tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.