Situs Belajar Bahasa Inggris untuk Guru

Kompas.com - 30/11/2009, 21:49 WIB
Editormade

JAKARTA, KOMPAS.com - British Council dan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan (Pustekom), Departemen Pendidikan Nasional bekerja sama untuk mengatur program bersama membangun situs How to Teach English (http://h2te.depdiknas.go.id/) dalam Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas) yang akan memberikan akses materi ajar kepada guru Bahasa Inggris di Indonesia. Situs baru ini dapat diakses oleh semua guru di Indonesia, karena melalui Jardiknas sudah tersambung 17.500 sekolah melalui jaringan intranet.

Situs ini diperuntukkan bagi guru-guru agar bisa mendapatkan lesson plan yang telah dipetakan sesuai dengan kurikulum SD, SMP, SMA dan SMK di Indonesia. Relevansi dengan konteks lokal ini sangat penting mengingat tak semua pengalaman keberhasilan negara lain sesuai untuk Indonesia.

Saat ini sudah tersedia 45 lesson plan, dan akan terus bertambah. Materi dari situs ini dalam waktu dekat akan dipakai oleh 10 universitas untuk menyiapkan Praktek Pengajaran Lapangan (PPL) calon guru bahasa Inggris. Di situs yang sama, pengunjung juga bisa mendapatkan klip-klip video guru dari negara Asia Tenggara yang melakukan kegiatan kelas seperti Classroom Management, Teacher-Student Interaction, Speaking Activities dan Interactive Games; berita, update terbaru pengajaran, pelatihan, dan konferensi bahasa Inggris yang dapat diikuti para guru; kumpulan artikel yang berisi metodologi pengajaran bahasa Inggris; serta pranala terkait seputar tips mengajar.

Media Relations Officer British Council Eka Wahyuni di Jakarta, Senin (30/11) mengatakan penandatangan kerja sama akan diadakan Selasa (1/12) besok. Selain dihadiri petinggi Pustekom dan British Council, hadir pula perwakilan dari Virtual Teacher Support Network, P4TK, dan PPPG Bahasa Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.