Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas Resmikan Kampus UMN Serpong

Kompas.com - 02/12/2009, 17:35 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengucapkan terima kasih kepada Kompas Gramedia karena ikut membantu pemerintah mengembangkan bidang pendidikan dengan membangun Universitas Multimedia Nusantara atau UMN.

"Pemerintah berterima kasih kepada UMN karena tanpa UMN, terlalu berat menjadi tanggungan pemerintah," ucap M Nuh saat memberi sambutan dalam acara peresmian gedung baru UMN di Gading Serpong, Tangerang, Rabu (2/12).

Hadir antara lain Chairman Kompas Gramedia yang juga pendiri UMN, Jakob Oetama, CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo, Rektor UMN Prof Yohanes Surya, dan Bupati Tangerang Ismet Iskandar.

Dalam sambutannya, M Nuh mengatakan bahwa saat ini pendidikan di Indonesia mempunyai banyak persoalan yang harus diselesaikan bersama. "Karena pentingnya pendidikan sehingga menimbulkan banyak persoalan. Kita tidak usah khawatir kehabisan persoalan. Kita punya stok yang banyak. Untuk itu jangan ditambah persoalan baru," ungkapnya.

Menurut Menteri, penerapan teknologi dalam dunia pendidikan seperti yang diterapkan UMN memang sangat diperlukan. Namun, setiap tenaga pengajar harus tetap memperhatikan karakter dan budaya bangsa dalam mendidik siswa. "Yang jadi tantangan adalah bagaimana menanamkan kepada anak untuk belajar dan belajar lagi. Tidak mungkin dosen memberi semua dimensi keilmuan. Ke depan perlu ditumbuhkan motivasi untuk terus belajar kepada anak didik," kata Nuh.

Jakob Oetama dalam sambutannya mengatakan, Kompas Gramedia melihat pentingnya teknologi informasi untuk menghadapi tantangan masa depan yang terus berubah cepat. Diperlukan inovasi dan kreativitas untuk mampu bertahan dalam persaingan. "Untuk itu, kita siapkan segala sesuatu agar anak muda dapat menyongsong era baru. Berubahlah. Jika tidak mau berubah, maka akan segera menjadi fosil yang masih hidup. Inovasi dan kreativitas menjadi kunci bertahan," kata Jakob.

Peresmian kampus UMN di atas lahan seluas delapan hektar ditandai dengan pemukulan beduk oleh Mendiknas M Nuh. Setelah itu, Nuh bersama pimpinan Kompas Gramedia melihat hasil karya mahasiswa UMN yang dipamerkan di kampus itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com