Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMN, Universitas Berbasis Riset

Kompas.com - 02/12/2009, 18:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perguruan-perguruan tinggi di Indonesia harus mulai melakukan riset pengembangan teknologi untuk menghadapi tantangan masa depan. Hal itu yang kini dilakukan oleh Universitas Multimedia Nusantara (UMN) milik PT Kompas Gramedia. "Tidak banyak universitas riset di Indonesia. Kita akan jadi universitas riset yang fokus di bidang multimedia," ucap Rektor UMN, Prof. Yohanes Surya, Ph.D, saat peresmian Gedung UMN, Gading Serpong, Tangerang, Rabu (2/12).

Ikut hadir dalam peresmian pendiri UMN sekaligus Chairman PT. Kompas Gramedia Jakob Oetama, serta CEO PT. Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo, dan Bupati Tangerang Ismed Iskandar.

Yohanes menjelaskan, sejak berdiri pada 20 November 2006 , UMN telah fokus kepada bidang multimedia untuk menyiapkan generasi muda terampil dan menguasai teknologi. Setiap anak didik diharapkan mengembangkan multimedia baik untuk kepentingan pendidikan maupun bisnis. "Kita fokus di satu bidang multimedia untuk menjadi yang terbaik," ucap dia.

UMN, tambah Yohanes, telah dilengkapi dengan laboratorium riset yang memadai. Ke depan, fasilitas laboratorium akan terus dilengkapi hingga menyamai fasilitas di universitas besar di dunia. "Universitas yang baik memiliki mahasiswa dan dosen yang berkualitas, serta banyak lakukan penelitian. Kita telah seleksi mahasiwa dengan ketat. Dosen pengajar kita baik dan berkualitas. Kita akui penelitian kita belum banyak tapi kita akan kembangkan. Contohnya, kita akan kembangkan riset di bidang media," jelas dia.

"Semua pembelajaran kita telah digital. Dengan kualitas pendidikan itu, kita targetkan anak didik kita menjuarai olimpiade-olimpiade ilmu pengetahuan di intenasional," ujar Yohanes.

Sebelum dibangun gedung baru, perkuliahan UMN dilaksanakan di Gedung Wisma BNI 46, Jakarta Pusat. Karena mahasiwa terus bertambah, pengelola lalu memindahkan perkuliahan di Plaza Summarecon pada tahun ke dua. Jumlah mahasiswa terus bertambah, Kompas Gramedia lalu memutuskan membangun gedung di atas tanah seluas 8,5 hektar di Gading Serpong Tangerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com