Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendiknas: Masalah Pendidikan Tidak Akan Rampung....

Kompas.com - 03/12/2009, 10:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Konsep dasar dari rencana kerja Departemen Pendidikan Nasional pada 2010 mendatang akan bertumpu pada fondasi kebijakan nondiskriminatif dan pendidikan untuk semua.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh mengatakan, kedua fondasi itu terdiri dari lima pilar pencapaian tujuan, yaitu pilar ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, kesetaraan, serta keterjaminan. Mendiknas mengakui, saat ini masih banyak sekolah rusak atau gedung sekolah yang harus dibangun sehingga untuk itulah pilar ketersediaan dijadikan awal pijakannya merentang program ke depan.

"Kalau ketersediaan sudah kita lakukan, selanjutnya kita melangkah pada pilar keterjangkauan, yang dalam hal ini kami menyiapkan struktur anggaran pendidikan," ujar Mendiknas M Nuh, Rabu (2/12), di hadapan para anggota Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Nuh mengatakan, masalah dalam dunia pendidikan memang tidak akan pernah rampung. Untuk itu, fokus RKP 2010 bidang pendidikan akan mencakup empat hal, mulai dari peningkatan kualitas Wajar 9 Tahun yang merata, peningkatan akses, kualitas, dan relevansi pendidikan menengah dan tinggi, kualitas dan relevansi pendidikan nonformal, serta profesionalisme dan kesejahteraan pendidik.

Beasiswa

Mendiknas mengatakan, semua masalah yang dijadikan fokus pencapaian kerja Depdiknas pada 2010 adalah bagian dari proses dan komitmen Depdiknas. "Masalah dalam dunia pendidikan nasional tidak akan pernah selesai, apalagi jika dikaitkan dengan kualitas," tambahnya.

Nuh menjelaskan, terkait peningkatan kualitas akan selalu muncul masalah-masalah baru untuk dipecahkan. Salah satu pemecahan yang disiapkannya adalah pemberian 20.000 beasiswa untuk siswa SMA/MA/SMK, yang menjadi salah satu program 100 hari departemen yang dipimpinnya ini. Adapun besaran beasiswa itu senilai Rp 10 juta per tahun per siswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Selain beasiswa di jenjang pendidikan tinggi, Depdiknas juga menyiapkan untuk jenjang lainnya. Di jenjang sekolah dasar (SD), Depdiknas akan memberikan beasiswa kepada sebanyak 1,8 juta siswa dengan besar anggaran Rp 677,26 miliar. Di jenjang SMP, beasiswa disiapkan untuk sebanyak 751.193 siswa, dengan anggaran Rp 413,16 miliar.

Adapun beasiswa tingkat SMA akan diberikan kepada 248.124 siswa dengan besar anggaran senilai Rp 193,54 miliar. Di tingkat SMK, Depdiknas menyiapkan beasiswa untuk 305.535 siswa dengan besaran jumlah anggaran Rp 251,48 miliar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com