12 Wakil Perguruan Tinggi AS Kunjungi Kampus-kampus

Kompas.com - 03/12/2009, 10:58 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com — EducationUSA Indonesia yang didukung oleh Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia mengadakan serangkaian kunjungan persahabatan dari 12 perwakilan perguruan tinggi asal AS ke berbagai institusi pendidikan di 9 kota besar di Indonesia.

Kunjungan tersebut untuk mendukung program Biro Urusan Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Luar Negeri AS dalam meningkatkan hubungan kerja sama antara Indonesia-AS di bidang pendidikan, selain untuk melipatgandakan jumlah pelajar Indonesia di AS dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

"Dibandingkan masa sebelumnya, pendidikan di AS sekarang lebih mudah diakses, lebih terjangkau sehingga memberikan kesempatan lebih terbuka bagi para pelajar Indonesia,” kata Country Coordinator EducationUSA Brook Ross kepada Kompas.com, Kamis (3/12) di Jakarta.

Ross mengatakan, kedatangan delegasi universitas asal AS itu berkenaan dengan inisiatif "Tentukan Masa Depanmu" yang diluncurkan oleh EducationUSA Indonesia pada November lalu. Inisiatif ini, kata dia, untuk meningkatkan peluang para pelajar Indonesia menerima layanan konsultasi cuma-cuma agar dapat secara bijaksana merealisasikan cita-cita belajarnya di Negeri Paman Sam melalui layanan terpadu konsultasi secara mobile dan partisipasi di dunia online.

Dia menambahkan, kunjungan delegasi sudah dimulai dari Selasa (1/12) hingga 13 Desember 2009 mendatang dengan Medan dan Semarang sebagai kota pertama. Kunjungan dilanjutkan kemudian ke Yogyakarta, Solo, Bandung, Malang, Surabaya dan Makassar, dan Jakarta.

Adapun, tutur Ross, 12 perwakilan perguruan tinggi yang akan hadir itu berasal dari Bethel University-Minnesota, Northern Arizona University-Flagstaff, AZ, Rochester Institute of Technology-New York, The University of Missouri-Columbia, University of Pittsburgh-Pennsylvania, University of Buffalo-The State University of New York, Everett Community College-Seattle, Iowa State University, Marquette University-Milwaukee Wisconsin, Michigan State University-Michigan, The Ohio State University-Ohio, serta University of Hawaii at Manoa-Hawaii.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.