Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

99 Peserta Lolos ke Seleksi Nasional OSN PTI

Kompas.com - 07/12/2009, 10:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 99 peserta yang lolos seleksi tahap I (Seleksi Daerah) Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI) Pertamina 2009 saat ini tengah berjibaku mengikuti seleksi tahap II (Seleksi Nasional) yang berlangsung sejak 5 hingga 9 Desember 2009, di Wisma “Arsip DESDM” Komplek Pertamina Pondok Ranji, Ciputat, Tangerang.

Menurut dewan juri dari MIPA Universitas Indonesia Yasman, para peserta berhasil lolos dari passing grade yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara dari Universitas Indonesia. Peserta yang lolos terdiri dari 33 peserta untuk setiap bidang lomba atau 99 peserta untuk ketiga bidang.

Dia menambahkan, penetapan standar tersebut didasarkan pada 22 rangking terbaik dan 11 kuota perwakilan wilayah. Khusus untuk kuota perwakilan wilayah diwakili oleh provinsi yang tidak termasuk dalam kelompok 22 rangking terbaik dan terbagi dalam wilayah Barat, Tengah, dan Timur.

”Tapi, kalau peserta menjadi juara I di seleksi daerah tetapi tidak memenuhi passing grade yang ditetapkan oleh panitia, ada kemungkinan ia tidak bisa mengikuti seleksi tingkat nasional,” ujar Yasman.

Setelah pada Sabtu (5/12) mengikuti babak quarter final, Senin (7/12) ini ke-99 peserta tersebut akan menghadapi babak semifinal untuk bidang Matematika, Fisika, dan Kimia.

Menurut Toharso, Sekretaris Perseroan PT. Pertamina (Persero), tahap II atau Seleksi Nasional ini akan dilangsungkan dalam tiga tahapan seleksi, yaitu Babak Quarter Final, Babak Semi Final, serta Grand Final. Di babak semi final itu, kata dia, akan terpilih 9 peserta dari masing-masing bidang atau 27 peserta secara keseluruhan.

"Sedangkan pada Grand Final akan tersaring hanya 3 finalis dari masing-masing bidang, baru kemudian terpilihlah pemenang 1, 2 dan 3 dari masing masing bidang," ujar Toharso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com