Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Antikorupsi, Kok Kaca KFC Dilempari?

Kompas.com - 09/12/2009, 16:07 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Gerai makanan cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) di Jalan Ratulangi menjadi tontonan ratusan warga seusai menjadi sasasan pelemparan massa pengunjuk rasa yang memperingati Hari Antikorupsi di Makassar, Rabu (9/12/09).
     
Bahkan, sejumlah pengendara singgah untuk mengetahui detail kejadian di tempat itu sehingga membuat kemacetan arus lalu lintas di badan jalan tersebut.
     
Mereka dengan penuh perhatian menyaksikan aparat kepolisian yang masih melakukan identifikasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP) serta pihak KFC yang sementara menghitung kaca yang pecah akibat pelemparan.
    
"Kejadian ini patut disesalkan. Ini sudah tidak sesuai dengan tujuan demo tadi siang," ujar Anhar, salah seorang warga yang berada di tempat itu.
    
Menurut Penanggung Jawab KFC Makassar, Edi Aldian, kerugian total belum diketahui, tetapi kaca yang pecah sekitar 22 lembar. Pasca kejadian ini, kata dia, KFC akan tetap beroperasi.
    
Ia mengatakan, pihaknya menyesalkan KFC jadi sasaran pelemparan. Menurutnya, aksi brutal tersebut sangat melenceng dari tujuan semula aksi unjuk rasa yakni memperingati hari antikorupsi.
    
Sementara itu, petugas keamanan KFC, Taufik, mengatakan, massa melakukan aksinya sekitar pukul 14.00 Wita.
    
Mereka bergerak dari arah utara dan ia menduga massa tersebut akan kembali ke kampus masing-masing seusai berunjuk rasa di Kantor DPRD dan Gubernur Sulsel. Ia tak mengetahui massa berasal dari kampus mana, tetapi disebutkan bahwa pelaku menggunakan jas almamater perguruan tinggi berwarna oranye dan hijau.
    
"Kejadiannya sekitar 10 menit, pengunjung dan karyawan berhamburan lari ke arah belakang bangunan karena takut terkena lemparan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com