Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Usai, Wapres Panggil Beberapa Menteri dan Gubernur BI

Kompas.com - 09/12/2009, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Seusai demonstrasi memperingati Hari Antikorupsi Sedunia berakhir di berbagai tempat, Wakil Presiden Boediono, Rabu (9/12/09) sore secara mendadak memanggil beberapa pejabat ke Istana Wakil Presiden. Dari sejumlah mobil pejabat yang diparkir di parkir belakang Istana Wakil Presiden, terlihat mobil Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, dan dua menteri lainnya.

Saat dikonfirmasi, juru bicara Wakil Presiden sekaligus staf khusus bidang media massa, Yopie Hidayat, membenarkan adanya beberapa menteri dan Gubernur Bank Indonesia yang saat ini tengah dipanggil Wapres Boediono. Namun, Yopie membantah bahwa pemanggilan ini terkait Bank Century, yang sepanjang hari ini menjadi topik aksi demonstrasi sejumlah elemen masyarakat secara nasional.

Menurut Yopie, pemanggilan hanya membicarakan masalah rutin perekonomian. Yopie juga menambahkan, Boediono yang pernah menjadi Gubernur BI pada saat Bank Century disuntik dana segar Rp 6,7 triliun, mengaku tidak terpengaruh dengan adanya gelombang aksi yang sekaligus memperingati hari antikorupsi sedunia. "Pak Boediono tetap normal bekerja hari ini. Jadwalnya malah padat sekali," katanya.

Ia mengatakan, setelah membuka seminar di Bank Indonesia, tadi pagi, Wapres menerima pimpinan redaksi Harian Republika, menerima Rektor Universitas Indonesia, menerima Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta beberapa menteri dan Gubernur Bank Indonesia.

"Nanti sebelum pulang, Pak Wapres akan memimpin rapat tim penilai akhir atau TPA untuk mengisi kursi pejabat yang lowong," papar Yopie. Lagi pula, pada saat ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tengah melakukan kunjungan kerja hingga Jumat mendatang ke Provinsi Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com