BPKP Tak Bisa Penuhi Keinginan Sri Mulyani Audit Ulang Century

Kompas.com - 10/12/2009, 13:59 WIB
Editormsh

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kuswono Soeseno menyatakan, pihaknya tidak bisa memenuhi keinginan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk melakukan audit investigasi terhadap Bank Century sebagai pengimbang laporan audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Akan tetapi, BPKP menyatakan siap untuk mengevaluasi Bank Century apabila diminta oleh Presiden. 

Demikian disampaikan Plt Kepala BPKP Kuswono Soeseno saat ditanya pers seusai acara pembekalan peserta Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) Internal Pemerintah Tahun 2009 di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (10/12/2009).

"Kami tidak bisa melakukan audit ulang terhadap Bank Century yang pernah dilakukan BPK karena ada etikanya, yaitu, jika sudah ada yang mengaudit, maka tidak dimungkinkan lagi untuk melakukan audit pada hal yang sama," papar Kuswono.

Namun, Kuswono menambahkan, apabila pemerintah menginginkan melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar BPKP melakukan evaluasi Bank Century sekarang ini, maka hal itu sah. "Tinggal bagaimana dokumen-dokumen perbankan itu. Mungkin dokumen itu bisa melalui Departemen Keuangan atau Bank Indonesia. Akan tetapi, kembali pada pemberi tugasnya nanti," lanjut Kuswono.

Menurut Kuswono, Sri Mulyani pada acara pembekalan di BPKP, Rabu kemarin secara spontan menyatakan, kalau bisa, BPKP melakukan evaluasi Bank Century agar terjadi kontrol dan keseimbangan terhadap audit investigasi BPK atas Bank Century.

"Jadi, belum ada permintaan pemerintah kepada BPKP untuk melakukan evaluasi," tandas Kuswono lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.