Ssst, Ada Rekaman Pembicaraan Sri Mulyani dengan Direktur Century...

Kompas.com - 11/12/2009, 12:28 WIB
EditorGlo

JAKARTA, KOMPAS.com — Pansus Angket Bank Century DPR memperoleh rekaman pembicaraan antara Menkeu Sri Mulyani dan Direktur Bank Century Robert Tantular.

Rekaman resmi, bukan penyadapan, itu adalah rekaman rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pada 21 November 2008. Anggota Pansus Angket Century, Bambang Susatyo, merahasiakan dari mana rekaman itu didapatnya.

Namun, Bambang memastikan bahwa rekaman itu dapat menunjukkan kedekatan antara Sri Mulyani dan Robert Tantular. "Ada patut diduga dia (Robert) yang turut memengaruhi alasan penetapan sistemik bagi Bank Century," ujarnya seusai rapat konsultasi Pansus dengan perwakilan fraksi, Jumat (11/12/2009).

Bambang mengatakan, Robert hadir dalam rapat KSSK itu. Menurut Bambang, Robert memang menunggui rapat itu dari awal hingga berakhir saat subuh menjelang. "Kira-kira demikian intinya. Sri Mulyani mengatakan, "Pak Robert, ini kami bakal adakan rapat tertutup untuk menentukan bailout." Terus Robert jawab, "Iya Bu, silakan kalau tertutup, tapi kesimpulannya kita pakai saja bahwa keadaan ekonomi sedang krisis," bebernya.

Selain Sri Mulyani dan Robert Tantular, Bambang mengatakan terdapat pula suara Deputi Gubernur Senior BI Miranda Gultom dalam rekaman rapat itu. "Nanti kami perdengarkan dalam rapat Pansus. Silakan kalian dengar sendiri," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.