Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Batal Bertemu Tim Sembilan

Kompas.com - 11/12/2009, 18:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membatalkan pertemuan dengan inisiator hak angket Bank Century atau Tim Sembilan yang sedianya diadakan di Wisma Negara, Jumat (11/12/2009) sore.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha, di Kantor Kepresidenan, pembatalan itu untuk menghindari salah tafsir atau asumsi yang mungkin berkembang bahwa Presiden Yudhoyono akan melakukan intervensi dalam pelaksanaan hak angket Bank Century.

Julian menuturkan, awalnya Presiden pada Kamis (10/12/2009) dihubungi oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, Anas Urbaningrum, untuk menyampaikan keinginan dari Tim Sembilan bertemu dengan Presiden dalam kapasitas sebagai Kepala Negara. "Presiden menyatakan bersedia untuk ditemui," ujarnya.

Namun, hari ini salah satu media cetak nasional memuat berita bahwa Tim Sembilan diundang oleh Presiden untuk bertemu di Istana Negara. "Presiden menyayangkan berita tersebut karena sesungguhnya tidak seperti itu. Oleh karena itu, rencana pertemuan yang sedianya diadakan sore ini dibatalkan, karena berita itu. Jadi untuk menghindari salah tafsir atau nanti ada anggapan, ada asumsi, seolah-olah Presiden melakukan intervensi kepada Tim Sembilan, maka demi kebaikan bersama dibatalkan," jelas Julian.

Julian belum bisa memastikan apakah pertemuan Tim Sembilan dengan Presiden Yudhoyono dapat dijadwalkan kembali. "Belum mendapat arahan," ujarnya.

Sementara itu, salah satu anggota Tim Sembilan, Maruarar Sirait, mengatakan, tertundanya pertemuan Tim Sembilan dengan Presiden Yudhoyono hanya masalah waktu yang belum cocok. "Karena tidak hanya dengan Presiden, kami juga ingin bertemu dengan Ibu Mega, Hasyim Muzadi, dan lain-lain. Kami ingin pertemuan ini sifatnya terbuka," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com