Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amir Syamsuddin: Buku "Gurita Cikeas" Tak Usah Ditarik

Kompas.com - 27/12/2009, 20:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jendral Partai Demokrat Amir Syamsuddin menilai buku "Membongkar Gurita Cikeas di Balik Skandal Bank Century" karangan George Junus Aditjondro tak perlu ditarik dari pasaran. Hal tersebut menurutnya tidak penting di era kebebasan berekspersi saat ini.

Apalagi, ia menilai isi buku tersebut tidak sedahsyat yang digembar-gemborkan. Amir mengatakan, juga tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan dalam isi buku tersebut dan tidak ada sesuatu yang perlu dipersoalkan.

"Kalau saya cenderung mengharapkan buku itu jangan ditarik. Kenapa? Ternyata buku itu sampah tidak sesuai judul dengan isi," kata Amir ketika dihubungi Kompas.com, MInggu (27/12/2009) di Jakarta.

Ia mengatakan setelah membaca isi buku tersebut, tak satu paragraf pun yang menjelaskan yang di balik skandal Bank Century. Menurut Amir, semua hal-hal yang diangkat di buku tersebut juga kutipan dari berbagai sumber yang kesahihannya tidak pernah teruji.

Amir menengarai kabar adanya penarikan buku tersebut merupakan isu yang sengaja dihembuskan untuk bisa menjual buku tersebut sebanyak-banyaknya. Dengan mendengar judul buku itu, kata Amir, semua orang pasti ingin membaca dan membeli. Inilah yang menurutnya dimanfaatkan apalagi saat kasus Century sedang hangat-hangatnya.

"Saya kira perlu beredar biarkan saja agar orang lebih mengenal seorang Junus Aditjondro," ujar Amir. Namun, ia mengingatkan pembaca untuk siap-siap kecewa dengan isinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com