George Aditjondro dan Pihak Penentang Disarankan Bertemu

Kompas.com - 28/12/2009, 06:34 WIB
Editortof

JAKARTA, KOMPAS.com — Penerbitan buku Membongkar Gurita Cikeas pada pekan lalu langsung menimbulkan polemik. Tokoh senior Muhammadiyah, Amien Rais, menyarankan agar George Aditjondro, penulis buku, dan pihak-pihak yang merasa dirugikan untuk bertemu dan mendiskusikan substansi buku tersebut.

"Menurut saya, yang paling baik dan kesatria, penulis dan pihak yang ingin meng-counter dipertemukan sehingga terjadi debat yang mendalam dan disiarkan radio dan TV. Keduanya diberikan hak yang sama untuk menyampaikan pendapatnya. Setelah itu, biarkan rakyat yang menilai," ujar Amien, yang juga Ketua MPP Partai Amanat Nasional, Minggu (27/12/2009) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Saat ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memang belum memerintahkan penarikan terhadap buku tersebut. Namun, buku ini sudah tidak dapat ditemukan di toko-toko buku. Amien mengatakan, jika pemerintah mengambil langkah pelarangan, hal ini tidak akan efektif membendung pembentukan opini publik.

"Masyarakat malah semakin ingin tahu. Akan ada pembanyakan lewat internet, fotokopi, bajakan, dan lainnya," tambahnya.

Seperti diberitakan, buku ini memaparkan keterlibatan SBY dalam kasus dana talangan Bank Century yang berpotensi merugikan uang negara sebanyak Rp 6,7 triliun. Buku yang akan diluncurkan di Jakarta pada tanggal 30 Desember ini juga menceritakan empat yayasan SBY, seperti Yayasan Puri Cikeas, Yayasan Kepedulian dan Kesetiakawanan, Yayasan Madjelis Dzikir SBY Nurussalam, dan Yayasan Mutumanikam Nusantara yang digunakan sebagai pencari dukungan politik dan dana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.