Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anas: "Gurita Cikeas" Mirip Sinetron Mistik dan "Infotainment"

Kompas.com - 28/12/2009, 09:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengatakan, pihaknya menganggap buku Gurita Cikeas yang ditulis George Junus Aditjondro sebagai buku yang tidak bermutu.

Dikatakan Anas, buku seperti itu hanya dianggap sebagai hiburan, layaknya sinetron mistik dan infotainment.

"Walaupun hiburannya tidak mendidik. Mirip sinetron-sinetron mistik atau infotainment gibah. Yang diharapkan George adalah bukunya terekspose luas dan mendapatkan iklan gratis, sehingga makin laris dan terus dicari," kata Anas melalui pesan singkat kepada Kompas.com, saat ditanya komentarnya tentang kontroversi buku terbitan Galang Press itu, Senin (28/12/2009).

Anas berpendapat, buku tersebut hanya dipenuhi sensasi yang berdaya analisis rendah. "Lompatan-lompatan logikanya sangat insinuatif. Data-data yang digunakan tidak berdasar, bukan data primer yang dapat dibuktikan kebenarannya, alias hanya data sekunder. Bahkan tersier yang sangat bias," ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat ini.

Buku Gurita Cikeas langsung menghilang dari peredaran setelah beberapa hari diluncurkan. Di sejumlah toko buku tak lagi ditemukan buku bersampul gambar gurita itu. Bagi Demokrat, terbitnya buku ini memunculkan sinyalemen skenario politik untuk menjatuhkan citra SBY.

"Kami harap buku George ini bukan dimaksudkan sebagai bagian dari skenario politik untuk membusukkan citra SBY dan Pemerintah, karena merasa pemilu belum selesai atau karena ada yg tidak legowo dengan hasil Pemilu 2009. Meskipun kami juga mencium aroma politik di balik terbitnya buku sensasi ini," kata Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com