Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikti Luncurkan Pedoman Beasiswa Bidik Misi 2010

Kompas.com - 30/12/2009, 09:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) pada 2010 meluncurkan pedoman program Beasiswa Beasiswa Pendidikan Bagi Calon Mahasiswa Berprestasi (Bidik Misi) kepada 20.000 mahasiswa. 

Beasiswa tersebut akan diberikan kepada mahasiswa atau calon mahasiswa dari keluarga yang secara ekonomi kurang mampu dan berprestasi, baik di bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler. Dana beasiswa dan biaya pendidikan yang diberikan itu sebesar Rp 5.000.000 per mahasiswa per semester yang diprioritaskan untuk biaya hidup.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Fasli Jalal, program tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai kemiskinan sehingga dimasukkan sebagai program kerja 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu II. Fasli menambahkan, agar program penyaluran beasiswa Bidik Misi dapat dilaksanakan sesuai prinsip tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu (3T), diharapkan para pimpinan perguruan tinggi dalam melakukan sosialisasi, seleksi, dan penyaluran Bidik Misi mengacu pada pedoman ini.

"Penerbitan pedoman program Bidik Misi ini diharapkan bisa memudahkan perguruan tinggi penyelenggara agar penyaluran beasiswa kepada mahasiswanya dapat tercapai sesuai harapan kita semua," ujar Fasli dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (30/12/2009).

Selain itu, pedoman ini juga diharapkan dapat memudahkan para calon mahasiswa atau mahasiswa yang akan mengusulkan diri sebagai calon penerima beasiswa, dan memudahkan mahasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa untuk mendapatkan haknya.

Dengan terbitnya buku ini, kata Fasli, proses penyaluran beasiswa kepada mahasiswa diharapkan akan berjalan dengan lebih baik, dan mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan lancar dan berprestasi yang akhirnya dapat ikut andil dalam meneruskan perjuangan bangsa menuju pembangunan Indonesia sejahtera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com