UI Raih ISO untuk Teknologi Informasi

Kompas.com - 04/01/2010, 08:41 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Indonesia berhasil meraih sertifikasi International Organization for Standarization (ISO) 9001:2008, yakni standarisasi internasional tentang sistem manajemen mutu yang penerapannya diakui sebagai standar dunia. Penghargaan ini untuk standarisasi layanan teknologi informasi (TI) sebagai upaya unggulan untuk menempati posisi yang lebih tinggi dengan status universitas berkelas dunia.

Pencapaian tersebut diraih untuk pengembangan dan pelayanan sistem informasi (PPSI) UI dalam memformulasikan sistem informasi yang mengedepankan aspek penyelesaian permintaan, pemberian layanan dengan dokumentasi lengkap dan terkontrol, serta perbaikan kesalahan setelah tinjauan manajemen yang dilakukan berkesinambungan.

Kepala PPSI UI Riri Fitri Sari mengatakan, PPSI UI telah melakukan tinjauan manajemen sehingga mengetahui permasalahan yang timbul dalam sistem dan berupaya mendapatkan feed back dari pengguna.

"Dengan demikian, PPSI UI menjadi lebih obyektif dan terukur dalam menilai kinerja para pegawai melalui sistem yang bekerja dengan efektif dan transparan. Sebab, semuanya sudah ada prosedur yang jelas," kata Riri.

Selain itu, sebanyak 68 standard operational procedure telah dibuat PPSI UI menuju sistem berbasis prosedur standar manajemen mutu.

Vishnu Juwono, Kepala Kantor Komunikasi UI, mengatakan UI saat ini menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang berhasil mendapat ISO 9001 : 2008 di antara pelaksana TI dari 15 universitas yang tergabung dalam Association of Pasific Rim Universities (APRU).

Menurut Vishnu, ISO 9001 juga berhasil diraih Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik UI dan Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI. Pada bulan Oktober lalu, UI mendapat Platinum Award pada Telkom Smart Campus Award yang diselenggarakan oleh Dikti dan PT Telkom.

"Hal ini merupakan pengakuan atas pencapain universitas terbaik di bidang teknologi informasi, terutama infrastruktur dan konektifitas, serta sistem dan konten informasi," jelas Vishnu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.