Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta UN dari SMK Meningkat Paling Banyak

Kompas.com - 06/01/2010, 20:56 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Peserta ujian nasional di Sumatera Utara tahun ini naik sebanyak 14.107 orang. Peningkatan terbanyak pada peserta sekolah menengah kejuruan sebanyak 8.831 siswa. Hal ini terjadi karena sekolah kejuruan lebih banyak menawarkan pendidikan ketrampilan.

"Fenomena ini merupakan dampak dari kebijakan pendidikan nasional yang ingin mengembangkan SMK. Paling tidak nantinya siswa akan memilih SMK dengan perbandingan siswa 70 (SMK) : (30) SMA," tutur Ketua Dewan Pendidikan Kota Medan, Mutsyuhito Solin, Rabu (6/1/2010) ditemui di kantornya.

Perubahan kebijakan pendidikan ini, tutur Solin, untuk mengatasi banyaknya pengangguran di masyarakat. Lulusan SMA / MA tidak memiliki keahlian yang lebih dibanding lulusan SMK, mereka hanya memiliki kemampuan akademik. Sementara daya tampung perguruan tinggi, khususnya perguruan tinggi negeri, jumlahnya terbatas.

Adapun SMK didirikan dengan menawarkan pendidikan ketrampilan kepada siswanya. Pertumbuhan SMK di sejumlah daerah meningkat tajam setelah era otonomi daerah tahun 2000.

Tahun ini jumlah peserta UN yang diikuti siswa SMP, SMA, MA, dan SMK sebanyak 435.734 siswa. Dari jumlah ini peserta UN tingkat SMP 247.970 siswa, SMA / MA 123.949 siswa, dan SMK 63.815 siswa. Peserta UN tingkat SMP dan SMK mengalami peningkatan dari tahun lalu. Sementara siswa UN tingkat SMA / MA mengalami penurunan sebanyak 2.389 siswa dari tahun lalu.

Adapun tahun lalu peserta UN sebanyak 421.627 siswa. Seluruh peserta ini berasal dari siswa SMP 240.305 orang, SMA / MA 126.338 orang, dan SMK 54.984 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com