Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Luncurkan Dua Mobil Hemat BBM!

Kompas.com - 11/01/2010, 16:00 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Senin (11/1/2010), luncurkan dua mobil hemat bahan bakar minyak (BBM) yang diberi nama "Sapu Angin 1" dan "Sapu Angin 2".

Peluncuran yang ditandai dengan running test itu disaksikan langsung oleh Presiden Direktur PT Shell Indonesia Darwin Silalahi, karena kedua mobil tersebut akan ikut dalam kompetisi internasional "Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2010" di Sirkuit Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia, 8-10 Juli 2010 mendatang.

"Sapu Angin 1 merupakan mobil futuristic prototypes mirip gokart dengan target satu liter BBM untuk jarak tempuh 1.000 kilometer," kata manajer tim Sapu Angin 1, M. Agus Setiawan.

Sementara itu, mobil "Sapu Angin 2" merupakan mobil urban concept vehicle mirip mobil roda empat yang konvensional, namun hanya berisi 1-2 penumpang dengan target satu liter BBM untuk jarak tempuh 300 kilometer.

"Tapi target Sapu Angin 1 adalah diproduksi untuk mobil masa depan pada 25-30 tahun mendatang," kata mahasiswa Jurusan Teknik Mesin pada Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS Surabaya ini.

Menurut Agus, kedua mobil ini dirancang sendiri oleh 14 mahasiswa angkatan 2005 dan 2006. Para mahasiswa bekerja keras merancang dan membuat kedua jenis mobil setelah berguru selama seminggu kepada perusahaan pabrikasi kapal di Kenjeran, Surabaya. Rencana ini disendiri dibuat pada Agustus 2009 lalu.

"Semuanya dilakukan mahasiswa sendiri, mulai membuat desain, mencari bahan baku, mengelas, melakukan pembubutan, dan seterusnya hingga selesai," tutur Agus. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com