PTN Indonesia Siapkan 9 Mobil Hemat BBM

Kompas.com - 11/01/2010, 16:06 WIB
Editormade

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak empat perguruan tinggi negeri - Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya - mempersiapkan sembilan mobil hemat bahan bakar. Karya ini untuk mengikuti ajang Shell Eco-Marathon Asia yang diselenggarakan di Sirkuit Internasional Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia 8-10 Juli 2010.

Manager Media Relations, External Affairs, & Communication PT Shell Indonesia Fathia Syarif, Senin (11/1/2010) di Surabaya mengatakan, ITB dan UI rencananya membuat tiga mobil hemat bahan bakar, ITS 2 jenis, dan UGM satu unit. Sapu Angin I yang versi prototipe adalah mobil hemat bahan bakar pertama yang selesai dibangun.

Sapu Angin I ditargetkan hanya menggunakan satu liter bensin untuk perjalanan sepanjang 1.000 km. Adapun untuk Sapu Angin II, diharapkan hanya menggunakan satu liter bensin untuk 300 km perjalanan. Adapun kecepatan mobil seperti yang ditentukan dalam aturan lomba berkisar 25-30 km/jam.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X