Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bantuan Bencana Sumbar Belum Disalurkan

Kompas.com - 11/01/2010, 22:07 WIB

TANAH DATAR, KOMPAS.com - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Marlis Rahman menyebutkan dana bantuan bagi korban gempa 30 September 2009 dari berbagai pihak yang belum disalurkan sebesar Rp 24,5 miliar lebih, dari total yang diterima sebesar Rp 133,34 miliar. "Data itu tercatat hingga 11 Januari 2010," kata gubernur di hadapan seluruh bupati dan wali kota se-Sumbar pada rapat koordinasi (rakor) antara pemprov dan pemkab/pemkot di Batusangkar, Senin (11/1/2010).
    
Marlis menjelaskan bantuan gempa dari berbagai pihak yang telah disalurkan kepada kabupaten/kota yang terkena dampak bencana sebesar Rp 108,83 miliar lebih.
    
Sementara itu, berbagai jenis bantuan logistik yang masuk melalui Pemprov Sumbar telah terdistribusi ke daerah-daerah, bahkan telah diaudit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). "Kita perlu mengedepankan aspek transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan bantuan yang masuk melalui pemerintahan daerah," katanya.
    
Selain itu, kata dia, pihaknya minta agar data penyaluran bantuan diaudit oleh akuntan publik, sehingga masyarakat dapat mengetahui secara jelas.
    
Gubernur dalam kesempatan tersebut berharap agar pemerintah kabupaten dan pemerintah kota melaporkan penyaluran bantuan bagi para korban bencana gempa, sehingga dapat disinergikan dengan data yang ada di Pemprov Sumbar.
    
Dengan kerja sama dan sinergisitas itu, kata dia diharapkan dapat memberikan pelayanan publik yang dapat mensejahterakan masyarakat.  "Mari kita bangun kembali Ranah Minang dengan semangat gotong royong," kata Marlis Rahman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com