Keindahan Sumatra di Rakovnik, Ceko

Kompas.com - 11/01/2010, 23:49 WIB
Editorjodhi

LONDON, KOMPAS.com--Alumni penerima Beasiswa Darmasiswa dari Pemerintah Indonesia yang berasal dari Ceko mempromosikan keindahan Sumatra melalui pameran photo yang diselenggarakan di Galeri Samson di kota Rakovnik, Ceko.

Pameran photo itu berlangsung hingga 6 Februari mendatang, ujar Councellor Penerangan Sosial Budaya dan Pariwisata KBRI Praha Azis Nurwahyudi, yang membuka pameran tersebut kepada koresponden Antara London, Minggu.

Photo hasil karya Jana Cermakova, Jana Klapova, Jan Kautecky, menceritakan kehidupan di Sumatra diambil selama mereka belajar di Universitas Andalas, Padang tahun 2008-2009.

Azis Nurwahyudi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada para alumni Darmasiswa yang turut aktif mempromosikan Indonesia di berbagai kota di Ceko.

Dikatakannya KBRI Praha selalu mendorong setiap kegiatan yang dilakukan alumni Darmasiswa karena kegiatan seperti ini akan semakin mendekatkan hubungan antara Indonesia dan Ceko.

Azis Nurwahyudi juga mempromosikan Beasiswa Darmasiswa yang saat ini masih dibuka pendaftarannya sekaligus membagikan formulir untuk melamar beasiswa tersebut.

Sementara itu Jana Cermakova yang memotori pameran mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk mempromosikan Indonesia, khususnya Sumatra, dimana mereka dulu belajar Bahasa Indonesia tepatnya di Padang.

Jana mengakui bahwa ia turut prihatin dengan musibah yang baru-baru ini menimpa teman-teman mereka di kota itu. Oleh karenanya hasil penjualan photo sepenuhnya akan disumbangkan ke Padang melalui Yayasan Andalas yang mereka dirikan di Rakovnik.

Photo yang dipamerkan dibagi dalam beberapa bagian, seperti kehidupan masyarakat di Padang, keindahan alam di Sumatra Barat, dan photo kegiatan budaya di daerah itu. Untuk melengkapi pameran, selain foto juga dipamerkan batik karya Jack Simanjuntak.

Para pengunjung yang memadati Galeri Samson sangat tertarik dengan photo yang mereka nilai eksotik tersebut dan membaca setiap keterangan yang menyertai gambar dengan seksama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.