Pertahankan Nilai-nilai Plural

Kompas.com - 25/01/2010, 13:40 WIB
Editor

Bantul, Kompas - Sebagai salah ujung tombak pengajaran, pesantren selayaknya mempertahankan nilai-nilai plural. Di sisi lain, pesantren tidak menempatkan posisi sebagai polisi moral yang menganggap diri paling benar sehingga terjebak dalam sikap main hakim sendiri.

"Pesantren harus mewarisi semangat Gus Dur dalam melestarikan nilai-nilai multikulturalisme," kata Rieke Dyah Pitaloka, ketika membuka pameran bertajuk "Inventory" yang digelar Pondok Pesantren Kaliopak Piyungan, Bantul, Sabtu (23/1).

Pada kesempatan itu, Rieke mengkritik sikap komunitas keagamaan yang kerap main hakim sendiri. "Padahal, apa yang mereka anggap paling benar itu belum tentu benar. Sikap seperti itu justru akan merusak citra," tuturnya.

Pameran "Inventory" menghadirkan sekitar 25 karya seni rupa dari para perupa lintas agama, seperti Agus Baqul, Robert Nasrullah, dan Tisna Sanjaya. Sebuah terobosan pameran.

"Ini pameran seni rupa pertama kali yang digelar di dalam pesantren," kata Anzieb, kurator pameran.

Ekspresi santri

Menurut Anzieb, selama ini karya seni rupa di pesantren terpenjara dalam bentuk kaligrafi. Padahal, banyak bakat dan semangat lain dari para santri. "Santri juga bisa berkarya seni sebagai bentuk ekspresinya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Pimpinan Pondok Pesantren Kaliopak Jadul Maulana, keberadaan pesantrennya baru setahun. "Kami ingin membongkar sekat antara pesantren dan masyarakat. Caranya lewat gelaran seni seperti pameran ini," ujarnya.

Selain menjadi sumber inspirasi bagi para santri, pameran seni rupa itu diharapkan menjadi hiburan bagi masyarakat sekitar pesantren. Tak sedikit warga mendatangi pameran. Ada yang penasaran dengan pameran, tetapi ada pula yang datang karena faktor Rieke Dyah Pitaloka.

"Di sini katanya ada artis si Oneng. Penasaran ingin lihat langsung orangnya seperti apa," kata Surahmi, pengunjung. Oneng adalah peran Rieke dalam sinetron komedi Bajaj Bajuri. (ENY)

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.