Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembaca Kompas Bantu 20 Perpustakaan di Jabodetabek

Kompas.com - 26/01/2010, 17:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pembaca Kompas lewat Dana Kemanusiaan Kompas, Kamis (21/1/2010) lalu, telah menyerahkan bantuan kepada 20 perpustakaan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Total nilai bantuan berupa 26.000 eksemplar buku itu mencapai Rp 300 juta. Rp 225 juta berasal dari para pembaca lewat Dana Kemanusiaan Kompas, dan Rp 75 juta berasal dari PT Accenture.

Bantuan buku itu merupakan bagian dari program Buku untuk Semua Kompas Gramedia yang dicanangkan sejak Juli 2009. Program ini dirancang untuk membantu masyarakat tidak mampu di  wilayah Jabodetabek, agar mereka memperoleh bacaan yang berguna untuk meningkatkan pengetahuan, membangkitkan potensi masyarakat dalam berusaha di berbagai bidang, serta merangsang minat baca masyarakat. 

Buku yang disumbangkan sebanyak sekitar 26.000 buku, dibeli dari penerbit-penerbit di lingkungan Kompas Gramedia maupun di luar Kompas Gramedia.

Buku-buku yang disumbangan  bersifat umum, seperti buku tentang hobby, masak-memasak, berternak ikan dan unggas, teknik, cerita anak-anak, komik dan  novel yang mendidik, serta majalah-majalah yang timeless.

Selain buku, program ini  juga membantu perbaikan perpustakaan yang kurang layak, termasuk pengadaan rak, dan cat. Bantuan perbaikan untuk masing-masing perpustakaan Rp 2.500.000.

Ada pun perpustakaan yang mendapat bantuan buku dan  perbaikan pada tahap pertama ini 20 perpustakaan yang tersebar di Jabodetabek, termasuk perpustakaan Pasir Maung Mandiri di Desa Dago, Kecamatan Parung Panjang, Bogor. Peresmian perpustakaan ini dilakukan hari Kamis (21/1/2010) dihadiri bupati setempat.

Setelah 20 perpustakaan itu, selanjutnya 30 perpustakaan akan mendapat bantuan yang sama. Sedangkan sepanjang tahun 2010 DKK akan membantu 200 perpustakaan di berbagai daerah, termasuk luar Jawa. Juga akan dilakukan pelatihan bagaimana mengelola perpusatakaan yang baik. 

Program ini mulai digagas Juli 2009, dan terus berlanjut, meski DKK korban bencana gempa bumi di Jawa Barat dan Sumatera Barat lebih menyita perhatian.

Berikut adalah daftar perpustakaan yang mendapat bantuan tahap pertama 2009:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com