Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saatnya Mengganti Peralatan Make-Up

Kompas.com - 04/02/2010, 18:39 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan perempuan senang menyimpan barang-barang lebih dari waktunya. Termasuk menyimpan produk kosmetika. Entah karena sayang, merasa akan memakai make-up tersebut kapan-kapan, atau karena masih bersisa. Padahal, menggunakan make-up yang sudah kadaluwarsa bisa membuat kulit Anda teriritasi. 

Sebaiknya, segera gantikan peralatan make-up yang lama dengan yang baru jika masa pakainya sudah lewat. Anda ingin tahu berapa lama masa berlaku produk-produk kosmetika, dan bagaimana cara menyimpan yang aman?

1. Foundation/alas bedak
Alas bedak cair dan concealer hanya bisa digunakan selama enam bulan. Agar tidak cepat rusak, simpan di tempat yang sejuk, terutama saat musim kemarau.

2. Lipgloss dan lisptik
Lipstik cair atau lipstik padat bisa bertahan 1,5 - 2 tahun. Perhatikan jika lipstik favorit Anda sudah mulai berbau, dan rasanya berubah. Jika berubah, segera buang dan ganti dengan yang baru. Jangan menggunakan tangan untuk memoleskan lipstik pada bibir Anda. Bakteri bisa berkumpul di sana.

3. Blush on dan bronzer
Bisa bertahan 6-9 bulan. Cara yang tepat untuk membuat pewarna wajah ini tetap bertahan adalah jangan menyatukan kuas dengan pewarna mata atau pipi ini dalam satu tempat. Agar tidak ada bakteri yang menempel, pastikan Anda membersihkan kuas tiap 9 bulan sekali.

4. Pelembap dan body lotion
Pelembap dengan sun protection factor (SPF) bisa bertahan hingga 3 tahun jika berada di dalam suhu ruangan yang dingin. ''Namun jika teksturnya mencair, baunya berubah, dan terlihat berubah warna maka segera gantikan. Terutama untuk lotion dengan SPF yang tinggi untuk ke pantai. Pastikan mengganti tiap 1 tahun sekali, agar SPF-nya tetap bisa bekerja penuh melindungi kulit kita,'' ujar Davis Leffell MD, dermatolog dari Yale School of Medicine.

5. Pembersih muka
Pembersih muka adalah produk yang dapat bertahan cukup lama, yakni sekitar 2 tahun. Namun kalau Anda menggunakannya dengan rutin, akan habis dalam waktu 3 bulan. Bila Anda meninggalkan pembersih muka merek tertentu untuk mencoba merek yang lain, jangan kembali memakainya jika produk tersebut sudah berubah teksturnya.

6. Loofah
Anda pasti berpikir, jika loofah belum rusak tidak harus diganti. Padahal jika digunakan tiap hari untuk menggosok kulit mati, maka Anda harus menggantikannya tiap tiga bulan sekali. Mengapa? Sebab sabut gosok ini bisa membuat kulit kita memerah dan gatal jika tidak diganti secara rutin.

7. Maskara
Maskara adalah sarang dari bakteri, karena bakteri senang berkembang biak di tempat yang basah dan lembap. Jika Anda hanya menggunakannya sekali-sekali, maka gantikan tiap enam bulan. Jika Anda menggunakan tiap hari, gantikan tiap tiga bulan sekali.

8. Eye shadow
Jika Anda menggunakan eye shadow jenis tabur, Anda tetap bisa menyimpannya hingga dua tahun. Pastikan untuk mengganti kuasnya tiap enam bulan sekali. Namun kalau Anda sering menggunakannya, gantikan dengan yang baru tiap 12-18 bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com