Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow... UGM Peringkat Satu Webometrics di Indonesia!

Kompas.com - 12/02/2010, 10:37 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menduduki peringkat pertama di Indonesia dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia versi Webometrics 2010. Dalam daftar 100 terbaik di Asia Tenggara, UGM ada di peringkat kedelapan, diikuti oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) di peringkat 10, dan Universitas Indonesia (UI) di urutan ke-17.

Peringkat pertama dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik se-Asia Tenggara Webometrics 2010 itu ditempati National University of Singapore, diikuti Kasetsart University Thailand, dan Prince of Songkla University Thailand. Dalam daftar itu, terdapat 17 perguruan tinggi asal Indonesia, yang di antaranya adalah Universitas Kristen Petra Surabaya (19), Universitas Gunadarma Jakarta (24), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (31), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (74) dan Universitas Negeri Yogyakarta (100).

Kepala Humas dan Protokol UGM Suryo Baskoro mengatakan, peringkat terbaik di Indonesia dalam daftar Webometrics UGM tersebut telah bertahan selama tiga tahun, sejak 2008. Menurut Suryo, tidak ada usaha khusus dari UGM untuk mencapai peringkat tersebut. Meskipun Webometrics diakui hanya menilai kualitas perguruan tinggi secara parsial, UGM menyambut baik upaya tersebut.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Rochmat Wahab mengatakan, masuknya sebuah perguruan tinggi dalam sebuah pemeringkatan dunia akan mempermudah kerja sama dengan pihak asing. Selain itu, peringkat dunia juga merupakan pengakuan internasional terhadap kualitas akademik terhadap perguruan tinggi bersangkutan.

Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol. Dalam setahun, badan ini mengeluarkan daftar peringkat, yaitu Bulan Januari dan Juli. (IRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com