Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beswan Djarum Padukan "Hard Skill" dan "Soft Skill"

Kompas.com - 14/02/2010, 18:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 178 dari 450 mahasiswa penerima beasiswa (Beswan) dari Djarum Bakti Pendidikan PT Djarum, diberikan pelatihan hard skill dan soft skill. Pelatihan tersebut untuk menyiapkan generasi terbaik bangsa itu menjadi manusia Indonesia yang andal, yang diperhitungkan, dan berbuat yang terbaik untuk membangun bangsa. Menciptakan manusia Indonesia yang andal tidak cukup dengan kehebatan penguasaan dan peningkatan intelektualitas beserta hard skills saja. Tetapi juga diperlukan perimbangan penguasaan soft skill.

Direktur Public Affairs PT Djarum, Suwarno M Serad, Minggu (14/2/2010) di Jakarta mengatakan, selama 25 tahun terakhir Djarum Bakti Pendidikan telah memberikan beasiswa kepada 6.336 mahasiswa dari 71 perguruan tinggi. Pendidikan sebagai hal yang penting untuk membangun bangsa. Untuk itu, sejak tahun 1984, PT Djarum telah menjadikan pendidikan sebagai salah satu bidang yang menjadi sasaran program tanggung jawab sosial perusahaan, CSR (Corporate Social Responsibility).

Selain outbound, terdapat juga beberapa program soft skill lain seperti leadership training program, enterpreneurship, practical skills program, dan kemudian dilanjutkan dengan Lomba Karya Tulis (LKT) Beswan Djarum serta Lomba Penulisan Blog.

Suwarno M Serad menjelaskan, beasiswa Djarum memiliki potensi besar dalam kiprah meningkatkan daya saing bangsa. Sumbangan ide kreatif, karya nyata, pemikiran-pemikiran para Beswan Djarum bagi sesama akan mampu menggores kontribusi nyata bagi keluarga, komunitas, masyarakat dan bangsa. 

"Kami pun selalu memperbaiki dan meningkatkan kualitas program Djarum Bakti Pendidikan. Kegiatan outbound yang kita selenggarakan di Cikole, Lembang, Jawa Barat, Sabtu dan Minggu (13-14/2) adalah salah satu contohnya,'' ujar Suwarno .

Outbound, lanjut dia, merupakan salah satu kegiatan pelatihan untuk meningkatkan softskills, khususnya motivasi para Beswan

Di outbound ini, Beswan Djarum tidak saja diajak untuk mengenal lebih jauh tentang dirinya dan kerja tim tetapi juga mengenal lingkungan alam terbuka sebagai wahana pemahaman lebih jauh tentang lingkungan dan kehidupannya. Berangkat dari arti interaksi dan saling bergantung antara manusia dan lingkungannya akan dapat terpetik makna mendalam tentang kehidupan manusia di dunia. Untuk itulah, selama satu tahun PT Djarum memberikan berbagai pelatihan untuk melengkapi kebutuhan soft skills pada setiap angkatan Beswan Djarum.

"Menurut Suwarno kegiatan outbound merupakan salah satu cara untuk menanamkan kemampuan mengenal medan dalam menyelesaikan masalah dan mempunyai rencana kerja, Temasuk pula bekerja sama dengan rekan dalam menyelesaikan pekerjaan," jelas Suwarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com