78.000 Siswa SD Ikuti Olimpiada Sains Kuark

Kompas.com - 20/02/2010, 16:25 WIB
Editormsh

SAMARINDA, KOMPAS.com- Sebanyak 78.000 siswa SD dari berbagai tempat di Indonesia ikut ambil bagian dalam acara Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2010. Olimpiade sains tersebut bertujuan untuk menarik minat siswa SD untuk mencintai sains yang selama ini selalu dianggap pelajaran yang menyeramkan.

Pembukaan semifinal OSK 2010 dipusatkan di SDN 022 Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (20/12/2010). Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy dan mantan Menteri Pendidikan Nasional Wardiman Djoyonegoro selaku Dewan Pembina OSK.

Menurut Wardiman, penguasaan sains penting sebagai dasar untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, terobosan belajar sains yang asyik dan menyenangkan seperti yang disajikan Majalah sains Kuark berbentuk komik  untuk siswa SD bisa jadi
bahan belajar buat siswa dan guru di sekolah.

"Dengan menguasai sains dan menguasai iptek, kita bisa meningkatkan produktivitas. Pemanfaatan kekayaan alam Indonesia yang melimpah jadi bernilai tinggi," ujar Wardiman.

Farid mengatakan, pemerintah mendukung upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kaltim. "Kekayaan alam di Kaltim suatu saat bisa habis. Kta harus menyiapkan manusia lewat pengembangan kualitas, di antaranya lewat pendidikan di sekolah-sekolah," ujar Farid.

Untuk wilayah Kaltim, sekitar 10.000 siswa SD ikut OSK. Mereka mendapat dukungan dari pemerintah dan swasta untuk bisa mengiuti kompetisi sains yang terbuka buat semua siswa SD, tanpa dibatasi hanya untuk siswa pintar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.