Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

78.000 Siswa SD Ikuti Olimpiada Sains Kuark

Kompas.com - 20/02/2010, 16:25 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com- Sebanyak 78.000 siswa SD dari berbagai tempat di Indonesia ikut ambil bagian dalam acara Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2010. Olimpiade sains tersebut bertujuan untuk menarik minat siswa SD untuk mencintai sains yang selama ini selalu dianggap pelajaran yang menyeramkan.

Pembukaan semifinal OSK 2010 dipusatkan di SDN 022 Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (20/12/2010). Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy dan mantan Menteri Pendidikan Nasional Wardiman Djoyonegoro selaku Dewan Pembina OSK.

Menurut Wardiman, penguasaan sains penting sebagai dasar untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu, terobosan belajar sains yang asyik dan menyenangkan seperti yang disajikan Majalah sains Kuark berbentuk komik  untuk siswa SD bisa jadi
bahan belajar buat siswa dan guru di sekolah.

"Dengan menguasai sains dan menguasai iptek, kita bisa meningkatkan produktivitas. Pemanfaatan kekayaan alam Indonesia yang melimpah jadi bernilai tinggi," ujar Wardiman.

Farid mengatakan, pemerintah mendukung upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kaltim. "Kekayaan alam di Kaltim suatu saat bisa habis. Kta harus menyiapkan manusia lewat pengembangan kualitas, di antaranya lewat pendidikan di sekolah-sekolah," ujar Farid.

Untuk wilayah Kaltim, sekitar 10.000 siswa SD ikut OSK. Mereka mendapat dukungan dari pemerintah dan swasta untuk bisa mengiuti kompetisi sains yang terbuka buat semua siswa SD, tanpa dibatasi hanya untuk siswa pintar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com