Guru, Jadilah Pembelajar Seumur Hidupmu

Kompas.com - 05/03/2010, 12:15 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas pembelajaran yang luar biasa di sekolah harus berbanding lurus dengan kualitas pembelajaran yang diperoleh guru itu sendiri sebagai pendidik di sekolah.

Demikian dikatakan oleh dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kebangkitan Nasional atau Sampoerna School of Education (SSE) Iwan Syahril dalam seminar bertema Building Common Understanding Between Teacher Education Institutions and School Communities on Teacher's Quality di Kampus SSE, Jakarta, Kamis (4/3/2010). 

Untuk itu, lanjut Iwan, harus ditanamkan bahwa tidak akan cukup jika guru hanya terfokus pada knowledge for practise (pengetahuan secara teori), tetapi juga knowledge in practise (pengetahuan secara praktik), sehingga akhirnya guru memiliki knowledge of practise (gabungan pengetahuan teori dan praktik). 

"Untuk memeroleh SDM guru yang berkualitas, ketiganya harus dijadikan siklus yang berlangsung secara aktif," ucap Iwan.

Seperti halnya pengetahuan, kata Iwan, dunia pendidikan bagi guru juga terus berkembang secara dinamis. Guru pun semakin dituntut untuk selalu adaptif terhadap semua perubahan yang terjadi tersebut, yang pada akhirnya, berkat kemajuan pengetahuan dan teknologi, posisi guru tak lagi hanya sebagai sentral pengetahuan.

"Sehingga guru harus menjadi pembelajar yang aktif, pembelajar seumur hidup," tambah Iwan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X