Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Soft Skill" Sarjana Kita Masih Payah

Kompas.com - 09/03/2010, 17:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sarjana lulusan perguruan tinggi kita masih sulit bersaing dengan lulusan luar negeri. Bukan dari sisi keilmuan atau kemampuan akademisnya, melainkan soft skill mereka yang payah.

Berdasarkan kemampuan teknis sesuai bidang akademis masing-masing, lulusan perguruan tinggi Indonesia memang tidak kalah, bahkan berani diadu. Namun, justru hal-hal nonteknis, seperti kemampuan berbicara di depan orang banyak, rasa percaya diri, dan interaksi terhadap perubahan dengan cepat, lulusan kita masih payah.

Demikian dikatakan oleh CEO Inti College Indonesia Sudino Lim di Kampus Inti, Jakarta, Selasa (9/3/2010). Tidak mengherankan, lanjut Sudino, data survei tenaga kerja nasional tahun 2009 yang dikeluarkan oleh Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) mengungkapkan bahwa betapa tinggi dan sangat mengkhawatirkannya jumlah pengangguran di Indonesia.

Data tersebut mengungkapkan, dari 21,2 juta masyarakat Indonesia yang masuk dalam angkatan kerja, sebanyak 4,1 juta atau sekitar 22,2 persen adalah pengangguran. Lebih mengkhawatirkan lagi, kata dia, tingkat pengangguran terbuka itu didominasi oleh lulusan diploma dan universitas dengan kisaran angka di atas 2 juta orang.

"Dari situ kita melihat bahwa semakin baik perguruan tinggi menyiapkan soft skill lulusannya, maka semakin siap pula mereka menghadapi dunia kerja, bahkan untuk menjadi wirausahawan," ujar CEO Inti Sudino Lim di Jakarta, Selasa.

Sudino menambahkan, tugas perguruan tinggi saat ini harus mampu membangkitkan soft skill para mahasiswanya, baik dengan cara yang terkait langsung dengan kurikulum maupun kegiatan ekstrakurikuler di keorganisasian mahasiswa.

"Termasuk untuk mencetak wirausahawan pada lulusannya, karena syarat utama menjadi wirausahawan adalah memiliki soft skill yang bagus," tambah Sudino.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com