Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahasa Inggris adalah "The Way of Life"

Kompas.com - 15/03/2010, 13:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsep pembelajaran di sekolah alam diberikan secara natural, baik teori maupun praktik, termasuk kemampuan berbahasa para anak didiknya. Demikian diungkapkan Ketua Panitia Language Fair 2010 Khaira Fitmi di Sekolah Alam Indonesia (SAI), Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (13/3/2010).

"Di sini Bahasa Inggris harus menjadi 'the way of life' anak-anak dan bukan sebagai pembelajaran untuk mendapatkan prestasi nilai berupa angka-angka. Ini pun kami terapkan secara pararel pada kemampuan Bahasa Arab mereka," ujar Fitmi.

Fitmi mengatakan, tantangan pengelola sekolah alam adalah selalu membuat sesuatu yang baru dan menantang. Untuk itu, kata dia, jika tahun-tahun sebelumnya sekolah alam SAI fokus pada 'story telling' yang kemudian berganti pada 'games', tahun ini mereka fokus pada 'choral speaking'.

"Konsepnya adalah pembelajaran bahasa menggunakan media seni yang memadukan antara seni gerak dan paduan suara, bentuk utuhnya adalah sebuah pertunjukkan teatrikal," ujar Fitmi. Selain itu, kata dia, SAI juga menerapkan metode 'Rolling Book'. Yaitu, membiasakan siswa membaca buku cerita berbahasa Inggris bergambar untuk TK dan novel untuk siswa Sekolah Lanjutan. "Mereka membaca buku itu sendiri seminggu sekali, jadi selama sebulan mereka sudah baca empat buku. Ini untuk membangun 'sense of english' mereka dalam literatur," ujar Fitmi.

Menurut salah seorang siswi Kelas 7 SAI, Salsa (13), pembelajaran bahasa yang difokuskan dan ditekan pada dirinya selama ini adalah keberanian berbicara. "Speak up, setiap saat kita harus berani ngomong dengan Bahasa Inggris, dan semua dilakukan tanpa ada tekanan, apalagi di sini tidak ada guru yang galak kalau kita salah," tutur Salsa, yang ditugaskan membuat naskah drama berbahasa Inggris untuk dipentaskan bersama teman-temannya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com