Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermacam Jenis Beasiswa ke Italia Ada di Sini!

Kompas.com - 17/03/2010, 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Studi di Italia? Kenapa tidak. Pemerintah Italia tahun ini telah menyiapkan beberapa jenis beasiswa bagi para pelajar atau mahasiswa Indonesia, mulai dari jenjang kursus singkat hingga program S-3. 

Namun, setiap pendaftar hanya diperbolehkan memilih salah satu universitas dan sekolah tinggi yang diakui oleh Pemerintah Italia. Pendaftar tidak boleh memilih universitas asing, sekolah tinggi asing, dan pusat-pusat studi swasta yang tidak diakui oleh Pemerintah Italia. Jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan antara lain Kursus Bahasa Jangka Pendek, Program Sarjana (S-1), Sekolah Tinggi Seni dan Musik, Pasca Sarjana, Program S-3, Penelitian, serta Kursus Bahasa untuk Dosen.

Untuk Program S-1, karena akan melalui proses saringan, pemohon disarankan agar mendaftarkan diri pada program lainnya sebagai pilihan alternatif. Hal itu diberlakukan agar kesempatan memperoleh beasiswa tidak hilang apabila pemohon tidak diterima pada suatu program.

Sementara itu, Kursus Bahasa dan Kebudayaan Italia diperuntukkan bagi para dosen yang mengajar bahasa Italia. Beasiswa untuk kursus mengenai pembelajaran dan pengajaran bahasa Italia ini dilaksanakan di Università per Stranieri di Perugia, Siena dan Roma Tre atau pada institusi-institusi lain yang berhak mengeluarkan sertifikat pengajaran bahasa Italia sebagai bahasa asing.

Periode beasiswa pada semua program ini adalah untuk tahun akademik 2010-2011, sedangkan untuk Program Master (S-3) dapat diperpanjang sampai 31 Maret 2012. Bagi yang tertarik, beberapa syarat utama bagi calon penerima beasiswa antara lain memiliki kemampuan berbahasa Italia melalui wawancara di Institut Kebudayaan Italia atau menunjukkan Sertifikat Bahasa Italia. Namun, syarat ini tidak akan berlaku untuk program kursus bahasa Italia.

Calon penerima beasiswa juga harus memiliki ijazah sesuai dengan yang diminta untuk pendaftaran pada institusi akademik yang dipilihnya. Ijazah pun harus diterjemahkan ke dalam bahasa Italia dan disahkan oleh perwakilan Pemerintah Italia di negara tempat studi dilakukan. Ijazah harus disertai surat pernyataan oleh Kedutaan Besar Italia terhadap nilai ijazah di negara tempat studi dilakukan.

Untuk pendaftaran pada Program Sarjana (S-1) di universitas-universitas di Italia, calon penerima beasiswa harus memiliki ijazah sekolah menengah umum atau sederajat, yang di negaranya dianggap sah untuk memasuki tingkat universitas.

Tertarik mengetahui informasi lebih mendalam untuk mendaftarkan diri Anda? Silakan klik situs Pusat Kebudayaan Italia ini. Informasi juga bisa didapatkan langsung di The Italian Institute of Culture (IIC) Jakarta di Jl HOS Cokroaminoto No 117, Menteng, Jakarta Pusat, 10350, telepon (021) 392-7531/392-7532.

Batas waktu pengajuan permohonan beasiswa secara online hanya sampai 31 Maret 2010, sedangkan batas pengiriman berkas pengajuan permohonan beasiswa pada 10 April 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com