Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Universitas Terima Dana Kemitraan dengan Inggris

Kompas.com - 19/03/2010, 11:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari 44 proposal yang diterima oleh British Council, 11 universitas di Indonesia terpilih untuk menerima dana masing-masing sebesar £ 10,000 atau sekitar Rp 143 juta. Dana ini sebagai dana awal pengembangan kemitraan mereka dengan universitas-universitas di Inggris.

Adapun perguruan-perguruan tinggi penerima dana tersebut antara lain Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, serta penerima dana khusus; Politeknik Negeri Bandung.

Awalnya, melalui seminar yang digelar di Jakarta pada 7 November 2009 lalu, British Council mengundang universitas-universitas di Indonesia untuk mengajukan proposal kerjasama dalam berbagai bentuk. Bentuk-bentuk kerjasama itu antara lain seperti dual degree, twinning program, riset, serta pengembangan modul.

"Mereka terpilih karena telah memenuhi persyaratannya yaitu proposal kerjasama tersebut harus mempunyai partner institusi yang jelas di Inggris, programe delivery yang mendetail dan menunjukkan kemungkinan kerjasama bisa berlangsung dalam jangka panjang melalui pembiayaan sendiri, dan tentu saja, harus mampu mendorong terciptanya internasionalisasi pendidikan tinggi di Indonesia," ujar Duta Besar Kerajaan Inggris Martin Hatfull di acara seremoni penyerahan dana pengembangan kemitraan tersebut di kediamannya, di Jalan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2010).

Atas penerimaan dana tersebut, UI akan melakukan kerjasama dengan University of Newcastle dalam kerjasama program bidang Penelitian Biomedical, ITB dan Goldsmiths, University of London (GUL) untuk pengembangan modul MBA bidang Entrepreneurship, serta IPB dan University of Newcastle untuk kerjasama program Master Degree Bidang Studi Kelautan Tropis. 

Sementara itu, Universitas Binus dan Sheffield University juga akan bekerjasama untuk bidang Social Entrepreneurship Course, UII Yogyakarta dan University of Essex untuk kerjasama pelatihan singkat tentang Global Entrepreneurship and Business Management, Islam dan Perspektif Internasional, UGM dan Oxford University untuk programme Agama dan Isu-isu Kontemporer dalam Perspektif Antar-Agama, Universitas Trisakti dan Sheffield Hallam University untuk kerjasama program master bidang Spesialisasi dalam Kewirausahaan Sosial, UPH dan Middlesex University untuk Pelatihan Singkat Desain Kerajinan Keramik, ITS dan University of Newcasttle untuk program Master bidang Teknologi Sederhana Kerajinan Keramik, UMM dan School of African and Oriental Studies (SOAS) untuk Twinning Programme Diploma Bidang Hubungan Internasional.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama ini, British Council juga memberikan pendanaan khusus kepada dua institusi pendidikan kejuruan, yaitu STP Bandung dan Politeknik Negeri Bandung. Atas pemberian dana itu, STP Bandung akan bekerjasama dengan Leeds Metropolitan University untuk bidang Master of International Tourism and Hospitality Management. Sementara Politeknik Negeri Bandung dan Brookland College akan melakukan kerjasama program di bidang Teknisi Perawatan Pesawat Udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com