Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Studi, Hidup Nyaman di Inggris

Kompas.com - 19/03/2010, 17:14 WIB

KOMPAS.com - Seberapa nyaman kamu berada jauh dari keluarga, kerabat, dan teman-teman saat akhirnya benar-benar harus menempuh studi dan tinggal di luar negeri, khususnya di Inggris?

Jangan kuatir. Kalau segalanya telah siap, sepertinya tidak ada lagi yang perlu diragukan hingga membuat kamu tidak nyaman belajar di negara ini. Ini langkahnya:

- Sebelum berangkat, dapatkan informasi yang lengkap mengenai universitas, lokasi, serta kota yang akan menjadi tempat tinggal kamu.

- Biasanya pihak universitas akan menyediakan informasi tersebut dalam "welcome pack" yang dikirimkan ke para pelajar sebelum kedatangannya ke universitas. Namun, apabila memang memungkinkan, tidak ada salahnya datang 1 (satu) minggu sebelum kamu mulai berkuliah untuk membiasakan diri dengan kehidupan di kota kamu tinggal. Ini untuk menghindari rasa grogi, panik, apalagi sampai merasa disorientasi lantaran sibuk dengan urusan persiapan studi di kampus.

- Laporkan diri kamu ke Kedutaan Indonesia di Kota London. Hal ini akan bermanfaat di saat siswa mengalami kesulitan atau masalah, sehingga pihak Kedutaan bisa dengan mudah membantu.

- Ada baiknya, kamu juga ikut bergabung dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di kota tinggalmu atau kota terdekat. Setidaknya, beragam informasi atau data yang kamu butuhkan bisa terbantu melalui keterlibatanmu di perhimpunan ini. Dan, tentu saja, kamu tidak lagi akan merasa "sendiri" di Negeri Orang.

- Malu bertanya, sesat di Negeri Orang! Maka, sebagai mahluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, jangan malu-malu berteman atau bergaul dengan pelajar dari negara lain. Kemungkinan besar kamu merupakan satu-satunya pelajar dari Indonesia, baik itu di kelas atau bahkan universitas pilihan kamu. Percayalah, pertemananmu dengan mahasiswa dari negara lain akan sangat membantu dalam bersosialisasi di kampus yang terdiri dari beragam warna kulit dan bahasa yang berbeda dengan kamu.

- Banyak kemudahan yang bisa kamu dapatkan dengan status sebagai pelajar, khususnya dalam menggunakan kartu pelajar, seperti diskon khusus ke bioskop, transportasi, pertunjukan seni, bahkan restoran atau toko-toko yang memberikan diskon untuk pelajar. Jadi, manfaatkan status kamu dengan baik.

- Pesan tiket jauh-jauh hari, jika ingin bepergian ke kota lain di Inggris atau bahkan negara lain di Eropa. Rencanakan hal ini sebelum jadwal keberangkatan, setidaknya antara 3 sampai 6 bulan, karena biasanya harga tiket akan jauh lebih murah dibandingkan dengan booking 1 atau 2 minggu sebelum keberangkatan.

- Biasakan hidup mandiri, inilah tips yang paling penting kamu lakukan. Ya, sebaiknya kamu memang harus membiasakan diri memasak, mencuci pakaian, serta bersih-bersih kamar sendiri. Selain hemat, kamu akan terbiasa hidup berdisiplin dan mandiri sampai studi usai dan menikmati masa depan kamu, kelak. (Sumber: British Council)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com