Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik... Pemerintah Italia Sediakan Beasiswa

Kompas.com - 19/03/2010, 18:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Italia untuk tahun akademik 2010/2011 menyediakan banyak beasiswa bagi calon mahasiswa atau sarjana asal Indonesia yang ingin meneruskan studi di universitas dan sekolah tinggi yang diakui Pemerintah Italia. Tidak boleh memilih universitas asing, sekolah tinggi asing, dan pusat-pusat studi swasta yang tidak diakui Pemerintah Italia.

Juru bicara dari Istituto Italiano di Cultura Jakarta, Dian, Jumat (19/3/2010) mengatakan, beasiswa diberikan untuk kursus bahasa jangka pendek, program sarjana, sekolah tinggi seni dan musik, pascasarjana, program S3, penelitian, spesialisasi, serta kursus bahasa dan kebudayaan Italia untuk dosen bahasa Italia.

Periode beasiswa bervariasi antara 3, 6, 9, dan 12 bulan. Periode beasiswa adalah tahun akademik 2010-2011. Adapun untuk program master/doktoral (S3), periode beasiswa ini dapat diperpanjang sampai 31 Maret 2010. Calon penerima beasiswa, lanjut Dian, harus memiliki kemampuan berbahasa Italia melalui wawancara atau menunjukkan sertifikat bahasa Italia. Syarat itu tidak berlaku untuk program kursus bahasa Italia.

Batas usia untuk penerima beasiswa adalah 35 tahun. Batas usia ini tak berlaku untuk dosen bahasa Italia, dengan syarat dosen tersebut melakukan kegiatan mengakar bahasa Italia. Pengecualian untuk sekolah tinggi sinematografi yang menuntut usia tidak lebih dari 27 tahun. Aplikasi permohonan beasiswa harus dilakukan secara online di http://borseonline.esteri.it/borseonline/it/index.asp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com