Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Soal UN Didistribusikan

Kompas.com - 21/03/2010, 09:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Soal ujian nasional untuk tingkat SMU sederajat se-Jakarta mulai didistribusikan pada Minggu (21/3/2010). Sebanyak 75 mobil boks milik PT Pos Indonesia tampak sudah antre sejak pukul 05.00 di depan gudang penyimpanan soal di Percetakan Balai Pustaka, Pulogadung, Jakarta Timur.

Satu demi satu kardus berwarna coklat dipindahkan ke dalam mobil-mobil itu. Soal-soal UN akan diujikan pada Senin (22/3/2010) kepada 138.716 siswa SMU se-Jakarta.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Nasional Jakarta Taufik Yudi Mulyanto, distribusi soal ini merupakan awal dari seluruh proses UN. "Alhamdulillah kita telah memasuki proses awal dari seluruh pelaksanaan UN. Setiap pelaksanaannya akan kami pantau dengan saksama, cermat, dan penuh kesadaran diri akan tanggung jawab," kata dia.

Polisi tidak terlihat mengiringi tiap mobil yang keluar dari percetakan. Mobil itu hanya dikawal oleh petugas dari Kementerian Pendidikan dan pengawas dari masing-masing rayon di Jakarta. Menurut Taufik, polisi memang tidak dilibatkan. Alasannya, PT Pos Indonesia kerap melakukan pendistribusian surat-surat berharga tanpa pengawalan polisi.

"Insya Allah tidak bocor karena aspek kejujuran inilah yang kami tonjolkan. Sebelumnya kami telah melakukan persiapan secara komprehensif, baik dari segi intelektual, moral, maupun spiritual kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan UN tahun ini," tambahnya.

Pihak polisi, menurutnya, baru akan melakukan penjagaan 24 jam setelah soal UN sampai di setiap rayon. "Sekurangnya nanti ada dua polisi yang menjaga soal UN hingga 24 jam. Ada ruang khusus berteralis dan kami gembok dari luar. Selain polisi juga ada pengamanan dari pihak rayon dan pengawas dari perguruan tinggi," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com