Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalau Berhuruf Braille Lebih Mudah

Kompas.com - 23/03/2010, 13:07 WIB

Oleh Nina Susilo

"Kamu lahir tahun sembilan belas...?" "Sembilan dua" "Sekarang tanda tangan di sini." "Kertasnya menghadap mana, Bu? "Ini kertasnya sudah menghadap kamu."

Patricia mengarahkan pensil yang dipegang Rizki Nurilawati (18) ke kotak tempat tanda tangan di lembar jawaban ujian nasional (UN). Sebelumnya, Patricia dan Dwi Astuti membantu mengisikan data diri Rizki di Lembar Jawaban UN.

Senin (22/3), seluruh siswa kelas XII SMA mulai menjalani UN. Tidak terkecuali Rizki, siswa kelas XII IPS-2 SMA Negeri 10 Surabaya, yang tunanetra. Karena tidak tersedia soal dalam huruf braille, seorang pengawas, Patricia, membantu membacakan soal-soal UN. Adapun guru pendamping Rizki dari SMA Negeri 10, Dwi Astuti, membantu menghitamkan jawaban yang dipilih siswa sekolah inklusi itu.

Sekadar mendengarkan soal pilihan ganda untuk pelajaran Bahasa Indonesia jelas sulit. Sebab, bacaan yang disediakan cukup panjang. Pilihan jawabannya pun kalimat yang mirip-mirip. Akhirnya, bolak-balik Rizki meminta pengawas membacakan ulang soal maupun pilihan jawabannya.

"Yang kalimat pertama apa, Bu?" kata Rizki.

"Negara di kawasan Asia Pasifik, terutama negara Indonesia merupakan negara dengan risiko bencana besar," ucap Patricia mengulangi.

Sebenarnya, kata Rizki setelah menyelesaikan soal Bahasa Indonesia, dia sungkan meminta pengawas mengulang terus-menerus. Namun, soal dan pilihan yang panjang dan mirip sungguh membingungkan. Apalagi, dalam uji coba (try out), dia tidak lulus untuk mata pelajaran ini meski menjawabnya sudah sangat berhati-hati.

"Yang lulus malah bahasa Inggris. Bahasa Indonesia malah enggak, Matematika juga," ujarnya tersipu-sipu.

Menurut anak keempat dari empat bersaudara ini, bila ada soal berhuruf braille ditambah pendamping, mengerjakan soal akan lebih mudah. Namun, waktu pengerjaan soal mungkin lebih lama. Sebab, huruf braille berukuran besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com