Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Global Pathways, Jalan Tercepat Studi ke Luar Negeri

Kompas.com - 24/03/2010, 18:13 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Menjadi lulusan perguruan tinggi terkemuka di luar negeri adalah cita-cita dari banyak siswa dan siswi Indonesia. Karena memang, tidak bisa dipungkiri bahwa lulusan luar negeri lebih memiliki kesempatan di era globalisasi sekarang ini.

Hanya saja, kadang cita-cita itu seringkali kandas di tengah jalan. Itu kerap terjadi, karena banyak di antara mereka yang merasa kecil hati menghadapi persyaratan-persyaratan mendasar yang tidak dapat mereka penuhi. Sebutlah, misalnya nilai TOEFL, SAT, atau IELTS yang kurang tinggi, atau bahkan kemampuan berbahasa Inggris kita yang terbatas.

Selain itu, tidak sedikit juga di antara pelajar kita yang memiliki kekhawatiran mengenai tempat tinggal, keamanan, kehidupan sosial, dan lain-lainnya. Kekhawatiran itu kerap mengurung niat mereka untuk sekolah ke luar negeri. Ya, walaupun sebenarnya kita memiliki kemampuan finansial untuk mencapai cita-cita dan tujuan itu.

Terkait itu, program “Global Pathways” dari Direct English-Kaplan mungkin bisa menjadi jawabannya. Program ini menawarkan jaminan masuk ke perguruan-perguruan tinggi terkemuka rekanan Direct English-Kaplan.

Di Amerika Serikat, misalnya, rekanan itu terjalin dengan Northeastern University dan University of Utah, sementara di Inggris, rekanan juga sudah terjalin baik dengan City University London, Bournemouth University, City University London, The University of Glasgow, The University of Liverpool, Nottingham Trent University, The University of Sheffield, serta The University of Southampton. Bahkan yang paling dekat, rekanan sudah lebih dulu tercipta erat dengan beberapa perguruan tinggi di Australia seperti University of Adelaide, Murdoch University, serta Bradford College.

Lalu, kira-kira, apa untungnya program ini? Simak beberapa temuan Kompas.com berikut ini:

- Melalui program "Global Pathways" tersebut, para pelajar ternyata dapat mengikuti program sarjana atau pra-magister selama 8 atau 12 bulan. Lamanya waktu program ini tergantung nilai TOEFL®iBT yang mereka miliki.

- Program ini akan dilaksanakan di kampus Kaplan yang terletak di dalam lingkungan perguruan tinggi yang akan mereka pilih dengan materi kurikulum yang telah diakui oleh perguruan tinggi rekanan.

- Hemat waktu, dan tentu saja hemat uang. Karena setelah berhasil menjalankan program 8 bulan atau 12 bulan itu, para siswa kemudian akan mendapatkan jaminan penerimaan ke tahun kedua di jurusan yang dipilihnya. Maka, siswa memiliki kesempatan besar mendapatkan gelar sarjana hanya dalam waktu 3 tahun 8 bulan.

- Kaplan juga akan membantu siswa memilih dan mendapatkan tempat tinggal, baik di dalam maupun di sekitar lingkungan kampus. Hal ini akan membuat orang tua mereka bisa lebih lega mengetahui anak-abaknya akan lebih mudah mendapatkan tempat tinggal selama menempuh studinya di negeri orang.

- Sejak 2010, pemerintah AS menargetkan peningkatan jumlah siswa internationalnya hingga sebesar 100 persen sampai 2015 mendatang. Hal itu akan menjadi keuntungan tersendiri, karena pengurusan visa tidak seharusnya menjadi kendala yang serius.

- Sepertinya, impian dan cita-cita menjadi lulusan yang berwawasan internasional dengan skil global di luar negeri semain dekat dan mudah. Untuk lebih dekat, informasi mengenai program “Global Pathways” dari Direct English–Kaplan ini bisa didapatkan langsung di Headquarter Direct English-Kaplan Indonesia di gedung WTC lantai 10, Jl. Jend. Sudirman Kavling 29–31 (021) 521 1588 atau di situs Direct English Kaplan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com