Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpustakaan Digital Mulai Dirintis

Kompas.com - 27/03/2010, 13:41 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Pemerintah Kota Yogyakarta merintis perpustakaan digital untuk melengkapi layanan di Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta. Nantinya, anggota perpustakaan dapat mengakses koleksi via internet dari mana saja.

Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto mengemukakan rencana itu seusai pembacaan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Wali Kota Tahun 2009 kepada DPRD Yogyakarta, Jumat (26/3). "Saya usahakan anggarannya pada 2011," katanya.

Selain koleksi sendiri, nantinya perpusda juga terkoneksi dengan perpustakaan-perpustakaan lain, termasuk perpustakaan luar negeri. Hal itu akan memperkaya bacaan yang bisa diakses anggota.

Ditemui terpisah, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Yogyakarta Sri Sulastri membenarkan rencana itu. Bahkan, beberapa persiapan awal telah dilakukan sejak Januari.

"Di antaranya, kami sudah membeli 5.711 judul e-book (buku digital) dan 50.000 file artikel-artikel ilmiah," katanya. Koleksi buku perpustakaan juga akan dipindai ke format digital.

Namun, lanjut Sri, tak semua koleksi buku yang berjumlah 10.622 judul akan diubah ke format digital. "Hanya buku-buku yang memiliki muatan lokal Yogyakarta dan yang tak beredar umum. Paling banyak sekitar 25 persen dari total koleksi," ujarnya.

Bila terwujud, perpustakaan digital itu pada tahap awalnya baru bisa diakses secara lokal via jaringan internet di perpustakaan daerah. Secara bertahap akan dikembangkan hingga bisa diakses dari mana pun.

Herry mengatakan, pemkot akan melengkapi perpustakaan dengan berbagai fasilitas lain, seperti kafe dan memperpanjang jam kunjungan hingga malam hari. (ENG)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com