Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN Bali: Banyak Ditemukan Cetakan Kosong dan Ganda

Kompas.com - 29/03/2010, 09:33 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Kekisruhan ujian nasional atau UN di Bali belum berakhir. Jika pada UN tingkat SMA minggu lalu banyak terjadi soal ujian tertukar dan lembar jawaban rusak, pada UN SMP, Senin (29/3/2010) ini, ditemukan sejumlah cetakan kosong dan cetakan ganda dalam lembar soal ujian.

Berdasarkan pantauan sementara Kompas.com, kasus ini terjadi di dua kabupaten, yakni Karangasem dan Tabanan. Di SMP Negeri 2 Amlapura Karangasem terdapat dua set soal dengan cetakan kosong di halaman 6, 7, 10, 11, 14, 15, 18, 19 dan dua set soal dengan cetakan ganda, yakni soal halaman 1 terdapat juga di halaman 5.

Selain SMP Negeri 2, di SMP Negeri 1 Amlapura Karangasem juga ditemukan sejumlah cetakan kosong di dua ruang UN.

 "Setelah membuat berita acara, kami ambil soal cadangan untuk mengganti soal yang bermasalah tadi," ujar Ida Bagus Nyoman Japa, Kepala SMP Negeri 2 Amlapura.

Karena soal cadangan mencukupi untuk mengganti soal-soal yang rusak, pengawas ujian tidak perlu memfotokopi soal tersebut.

Selain di Karangasem, kasus cetakan kosong juga ditemukan di SMP Negeri 2 Kerambitan Tabanan. Satu set soal ditemukan delapan halaman kosong tanpa ada cetakan soal dan terpaksa diganti dengan soal cadangan.

Tidak ada penjelasan mengapa cetakan itu kosong. Juga tidak dijelaskan, apakah cetakan kosong itu sejak dari percetakan atau sejak dalam perjalanan saat pendistribusian ke sekolah-sekolah. Polisi juga belum turun tangan untuk menyelidiki keganjilan UN di Bali itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com