Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Belum Turun, Tergantung Kebijakan Daerah Masing-Masing

Kompas.com - 30/03/2010, 18:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi sejumlah laporan belum turunnya dana pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di beberapa daerah, Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal menyampaikan, bahwa masalah tersebut dikarenakan kebijakan masing-masing daerah yang bervariasi mengenai waktu turunnya dana.

Hal tersebut disampaikan Fasli saat ditemui di Kementrian Pendidikan Nasional, Jakarta, Selasa (30/3/2010). Menurut Fasli, sejak lama dana untuk pelaksanaan UN telah berpindah dari rekening negara ke rekening pihak yang berwenang mengatur dana di masing-masing daerah. Namun, kapan waktu dana itu turun berbeda di tiap daerah.

"Tapi memang bervariasi cara mereka mengaturnya," katanya.

"Kalau memang belum ada uangnya mungkin karena belum direncanakan dibayar, tunggu empat hari dulu baru selesai. Yang belum dibayar itu honor, ada yang dibayar harian ada juga yang dibayar setelah selesai UN," tambahnya.

Meskipun begitu, Fasli juga menyampaikan bahwa sebenarnya standar operasional penyaluran dana UN sudah jelas. "Pada hari H pelaksanaan UN uang sudah ada di titik distribusi. Ke depan, ada yang langsung ke daerah, ada yang ke kabupaten atau kota," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah mengaku masih menantikan pencairan dana penyelenggaraan UN. Seperti halnya salah satu SMP di Bandar Lampung, yang terpaksa menutupi dana penyelenggaraan UN dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS), yang jumlahnya terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com