Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta UASBN Lebak 24.411 Siswa

Kompas.com - 09/04/2010, 02:42 WIB

LEBAK, KOMPASA.com - Peserta ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) tingkat SD di Kabupaten Lebak, Banten, mencapai 24.411 siswa yang akan dilaksanakan 4 Mei 2010.

Kepala Bidang SD/TK Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak H Samanan, Kamis, mengatakan, saat ini semua SD yang ada di 28 kecamatan sudah siap menghadapi UASBN dengan pemantapan belajar dan uji coba ujian yang dilaksanakan di setiap sekolah.

Pemantapan belajar salah satu strategis untuk meningkatkan nilai prestasi akademik siswa, meskipun UASBN ditentukan kelulusan oleh sekolah bersangkutan.

"Saya kira UASBN sangat diperlukan untuk melihat nilai prestasi kemampuan anak didik," katanya.

Menurut dia, pihaknya menargetkan tingkat kelulusan UASBN tahun ajaran 2010 mencapai 100 persen karena tahun-tahun sebelumnya juga lulus semua.

Oleh karena itu, pihaknya berharap para tenaga pendidik dan orang tua siswa terus memberikan bimbingan belajar agar mereka lulus dan bisa melanjutkan ke SMP/MTs.

"Jika mereka melanjutkan dipastikan kita akan sukses penuntasan pendidikan wajib belajar sembilan tahun," katanya.

Dia menjelaskan, materi yang akan diujikan pada UASBN yakni mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA.

Pelaksanaan UASBN tersebut akan digelar pada tanggal 4-7 Mei dengan pengawasan sistem silang. "Saya minta orang tua dapat mengawasi anak-anak agar banyak belajar," katanya.

Kepala SDN 1 Nameng Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, Lilis mengatakan, pihaknya sudah dua kali melaksanakan uji coba ujian di sekolah.

Dari hasil ujian uji coba itu rata-rata siswa meraih nilai di atas tujuh. "Saya yakin semua peserta UASBN yang jumlahnya mencapai 35 anak lulus semua," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com