Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artpreneurship, Seni sebagai "Entrepreneurship"

Kompas.com - 09/04/2010, 19:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anda pecinta seni? Akhir bulan ini Grup Ciputra menggelar pameran seni Artpreneurship bertema ruang dan citra yang bertempat di Ciputra World, Jakarta. Hal tersebut disampaikan oleh pemimpin grup Ciputra, begawan properti, sekaligus pencinta seni, Ciputra, di Jakarta, Jumat (9/4/2010).

"Artpreneurship, saya ingin mengembangkan seni yang dari mata seorang dan prinsip enterpreneurship. Kami ingin memberi inspirasi dan motivasi kepada para seniman untuk terus mengembangkan inovasinya dengan batas tak terhingga," ujar Ciputra.

Artpreneurship akan menghadirkan empat kegiatan selama 24 April-22 Mei. Beberapa acara yang akan digelar di antaranya Art Exhibition yang menghadirkan karya-karya seniman Indonesia. Art Performance berlangsung setiap hari minggu selama sebulan.

Adapun Teen Art Festival melibatkan anak-anak dan remaja dalam pameran seni. Di sini mereka diperlakukan seperti seniman, mengirim karya, memikirkan harga, dan menggelar pertunjukan.

Terakhir, ada Art Classes. Kelas ini terbuka gratis untuk masyarakat yang ingin belajar kepada seniman terkenal Indonesia, seperti F Widiyanto dan Aminuddin Siregar. Art Classes digelar setiap akhir minggu dan terdiri dari kelas keramik, tanah liat, kelas clay/paper, kelas melukis di atas tekstil, melukis di atas gelas, di atas kanvas, pantomim, serta kelas fotografi di kaleng.

Pameran ini dirancang sejak setahun yang lalu dan menghabiskan biaya hingga Rp 1,5 miliar. Seorang kurator acara ini, Suwarno, mengatakan bahwa sesuai dengan tema pameran, ruang dan citra, para seniman yang terlibat ditantang untuk menaklukkan sebuah ruangan yang sebenarnya tidak dirancang untuk ruangan pameran. "Akan hadir 82 seniman perupa, baik yang dua dimensi maupun tiga. Sebanyak 95 persennya adalah pemuda," kata Suwarno dalam softlaunch Artpreneurship, Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com