Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pertanda Interview Kerja Anda Tak Berjalan Baik

Kompas.com - 14/04/2010, 17:06 WIB

KOMPAS.com - Proses interview adalah proses yang penuh ketidakjelasan bagi orang yang mencari kerja, dan kekuatan berada di tangan si pewawancara. Kadang Anda tak tahu kapan wawancara akan berjalan baik. Di waktu lain, Anda begitu gugup Anda bahkan sulit melihat bahwa perusahaan itu sebenarnya tak cocok untuk Anda.

Coba cek 10 tanda peringatan yang harus Anda perhatikan saat wawancara kerja:
1. Anda mendominasi percakapan
Orang yang mencari kerja seharusnya tidak mendominasi pembicaraan lebih dari 40 persen. Kadang, karena terlalu bersemangat untuk menunjukkan bahwa mereka adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan tersebut, mereka seringkali mendominasi pembicaraan dengan pernyataan yang tak henti-hentinya. Jika Anda terus berbicara, bisa-bisa waktu wawancara habis sebelum seluruh pertanyaan ditanyakan.

2. Pandangan si pewawancara mengarah ke jam, bukan kepada Anda
Saat menjalani wawancara, jadilah pengamat yang aktif. Perhatikan bahasa tubuh pewawancara kerja Anda. Jika pandangannya mudah teralihkan orang yang lewat, atau tidak fokus pada Anda, hal ini bisa jadi pertanda bahwa si pewawancara tidak ingin melanjutkan wawancara ini ke tahap selanjutnya. Jika hal ini terjadi, cobalah tanyakan kepada si pewawancara apakah jawaban yang Anda berikan sudah menjawab pertanyaan yang ia utarakan. Atau tanyakan pula apakah Anda bisa menawarkan informasi lain tentang diri Anda yang dibutuhkan.

3. Si pewawancara menjawab telepon di tengah-tengah wawancara kerja
Seorang pewawancara kerja seharusnya memperlakukan Anda sebagaimana ia ingin diperlakukan. Ketika ia mengangkat telepon ke ponselnya di tengah-tengah wawancara kerja tanpa memberitahukan alasan pentingnya pada Anda, maka bisa jadi ia sulit untuk bisa menghargai orang lain. Tanyakan pada diri Anda, bisakah bekerja bersama orang yang tak bisa memberikan atensi penuh untuk waktu pendek, atau dengan orang yang tak memiliki kesopanan dalam berkomunikasi.

4. Wawancara kerja berlangsung seperti tes kekuatan
Perhatikan apakah wawancara kerja Anda berlangsung seperti tes kekuatan? Sudah berapa lama Anda berada di dalam ruangan wawancara tersebut? Berjam-jam tanpa ditanyakan apakah ingin ke toilet atau segelas air? Wah, pertanyakan lagi pada diri Anda, apakah bisa tahan bekerja di perusahaan ini, bahkan untuk wawancara kerja saja sudah tidak menyenangkan seperti itu.

5. Tak ada yang mau bekerja di sini
Sebuah pertanyaan yang seringkali lupa ditanyakan oleh orang yang diwawancara adalah, alasan mengapa pekerjaan tersebut tiba-tiba tersedia. Atau, agar terkesan seperti Anda berfokus pada masa depan perusahaan, tanyakan di mana karyawan yang sebelumnya bekerja di posisi yang Anda incar. Jika orang yang mewawancara Anda mengeluhkan bahwa orang-orang yang pernah menempati posisi yang Anda tuju tersebut hanya bekerja sebentar saja, sebaiknya pertanyakan mengapa begitu cepatnya pertukaran pegawai di sana.

6. Anda semacam mengisi kuesioner, bukan wawancara
Saat wawancara kerja, ketika si pewawancara hanya menanyakan pertanyaan-pertanyaan mendasar, seperti sebuah kuesioner, sebaiknya Anda mulai memberikan sesuatu yang bisa membuatnya lebih tertarik dan mengingat Anda. Cobalah memberikan jawaban sembari menerangkan alasan jawaban tersebut.

7. Tidak ramah dengan bagian lain
Wawancara kerja dimulai sejak Anda menginjakkan kaki di lokasi wawancara kerja, jadi jangan menghemat sikap terbaik Anda hanya untuk orang yang mewawancara. Anda seharusnya sudah bersikap sopan dan ramah pada semua orang, termasuk orang yang membukakan pintu, juga orang yang menyambut Anda di meja resepsionis.

8. Anda menghabiskan 10 menit mengeluhkan bos terakhir Anda.

Apa pun yang pernah terjadi, jangan pernah terucap kata-kata yang menjelekkan mantan rekan kerja atau mantan atasan Anda, bahkan ketika si pewawancara mencoba mengorek informasi tersebut. Sebaiknya Anda mengambil langkah teraman. Karena Anda tak pernah tahu, siapa tahu orang yang mewawancarai Anda mengenal banyak orang.

9. Perusahaannya sedang mengalami masalah keuangan
Jika Anda mendengar selentingan berita bahwa perusahaan yang Anda tuju ini memiliki masalah dengan keuangan, entah itu karena kondisi perusahan atau karena hal lain, sebaiknya pertimbangkan lagi pilihan Anda itu.

10. Pewawancara kerja ingkar janji
Ada beberapa pewawancara yang akan meminta Anda melakukan sesuatu, tetapi malah melakukan sebaliknya. Misal, Anda diberi timetable saat wawancara, kemudian berminggu-minggu tak lagi terdengar kabarnya, maka Anda wajib datang bertanya-tanya, dan harus berupaya untuk kembali dikenal olehnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com